Nova Eliza Ingin Artis Korban Pelecehan Seksual Bersuara

Sri Yanti Nainggolan    •    21 Juli 2016 20:39 WIB
nova eliza
Nova Eliza Ingin Artis Korban Pelecehan Seksual Bersuara
Nova Eliza (Foto: Metrotvnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelecehan seksual tak memandang usia, lokasi, dan status seseorang. Bahkan, sekaliber publik figur pun bisa menjadi korban.

Aktris Nova Eliza mengungkapkan bahwa ia ingin para korban yang seprofesi dengannya lebih terbuka.

"Pelecehan di dunia entertainment saya yakin sudah terjadi dari lama, tapi banyak di antara rekan yang tidak berani bicara, atau bingung mau lapor gimana. Selain itu, ada rasa-rasa lain yang membuat tak berani lapor, seperti malu," ungkapnya saat ditemui di kantor Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Mewakili yayasan yang ia dirikan, yaitu Yayasan Suara Hati yang berfokus untuk membantu, merangkul, dan melindungi perempuan yang menjadi korban kekerasan, Nova ingin agar teman-teman di dunia hiburan yang menjadi korban pelecehan seksual lebih terbuka dan berani untuk melaporkan kasus tersebut kepada aparat.

"Ini adalah penanda untuk semua kalangan bahwa sudah waktunya kita berani bicara atau mengungkapkan karena nanti pasti akan dibantu," terangnya.

Baru-baru ini Nova bersama beberapa rekan selebriti seperti Dian Sastrowardoyo, Marrisa Anita, Dira Sugandi, Nova Eliza, Ardina Rasti, Joko Anwar, Chico Jericho, dan Melanie Subono ikut membantu menyebarkan survei seputar perilaku korban kekerasan seksual di media maya yang mendapat respons positif dari para netizen hingga mampu berlanjut pada pembuatan petisi.

Survei diadakan oleh Lentera Sineas Indonesia bersama Magdalene.co dan difasilitasi oleh Change.org Indonesia tersebut mengumpulkan data lebih dari 25 ribu netizen. Hasilnya mengungkapkan bahwa lebih dari 30 persen orang di Indonesia pernah mengalami kekerasan seksual.

"Petisi ini adalah cara yang bagus, mengingat banyak penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Dan untuk membantu orang lebih sadar dengan petisi ini, menggunakan publik figur maupun orang dengan banyak pengikut, seperti blogger, juga baik untuk menarik masyarakat mendukung petisi," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya petisi semacam ini, kasus-kasus pelecehan seksual akan segera ditangani oleh pemerintah. Dengan demikian, korban tak takut berbicara karena mendapat perlindungan.

"Ada kepedulian, dukungan sekaligus desakan kuat agar pemerintah serius menangani penghapusan kekerasan seksual. Jika pemerintah dan aparat berwenang tidak segera merespons suara masyarakat ini, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan menurun," tandasnya.

 


(ELG)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

3 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA