Tantangan Slank Mengisi Suara Karakter Serial Adit Sopo Jarwo

Purba Wirastama    •    25 Mei 2017 08:00 WIB
slank
Tantangan Slank Mengisi Suara Karakter Serial Adit Sopo Jarwo
Adit Sopo Jarwo dan Slank (Foto: dok. MD Animation)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para personel grup musik Slank mengisi sendiri suara karakter masing-masing dalam serial animasi Adit Sopo Jarwo (ASJ) edisi spesial. Menurut mereka, pengalaman baru ini punya kesulitan tersendiri.

"Sebenarnya (sulit), soalnya kita meraba, dan ini dibikin berdasarkan suara kita. Jadi kita harus benar-benar menghayal, kira-kira nanti gue gambarnya bagaimana, gerakannya yang mana," cerita Bimbim dalam jumpa pers ASJ di MD Place, Jakarta Selatan.

Tahap sulih suara memang dilakukan di awal, sebelum gerakan tiap karakter digarap oleh animator. Langkah ini, kata produser MD Animation Dana Riza, memang lebih memudahkan pengerjaan animasi dibandingkan membuat gerakan terlebih dulu.

Untuk episode pertama, Kaka mengakui bahwa hasilnya tidak dapat dikatakan 100% maksimal. Namun, dia tetap senang dengan hasilnya.

"Pas kita dubbing (awal) masih lumayan kaku, saking enggak pernah dubbing untuk animasi. Jadi kita langsung dubbing berempat. Harusnya kan sendiri-sendiri. Happy sih kita karena ini Indonesia banget," ujar Kaka.

Karakter Bimbim, Kaka, Abdee, Ridho, dan Ivan terlibat dalam tiga episode ASJ. Penyulihan suara dilakukan selama dua hari, masing-masing satu jam.

"(Sulih suara) yang paling banyak diulang Ivan," ujar Bimbim.

"Belibet, belibet," sahut Ivan.

Begitu menonton hasil akhirnya dalam pemutaran pratayang di MD Place, Bimbim sedikit terkejut mendengar suaranya sendiri. Dia berkelakar soal suaranya yang mirip dengan suara Adipati Dolken, pemeran tokoh Kaka dalam film Slank Nggak Ada Matinya (2013).

"Gue enggak pernah dengar suara gue sendiri. Tiba-tiba, oh suara gue gitu ya. Gue malah ingatnya bukan (suara) gue, tapi Adipati," tukasnya.


(ELG)