Obin, Si Tukang Kain

Pelangi Karismakristi    •    27 September 2017 13:01 WIB
galeriindonesiakaya
Obin, Si Tukang Kain
Model memamerkan busana rancangan Josephine Werratie Komara alias Obin (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kain tradisional Indonesia membuat banyak orang jatuh hati. Bahkan di Indonesia, ada satu perempuan yang 'menghidupi' wastra dan membuatnya lebih bernyawa.

Bagi Anda yang juga penggemar kain nusantara, pasti sudah tak asing lagi dengan Josephine Werratie Komara, atau lebih dikenal sebagai "Obin, Si Tukang Kain." Obin mengolah tenun, batik, ikat menjadi lebih segar dengan sentuhan kreasi yang baru.

Di tangannya, batik yang punya sejarah bagi wanita tak luput dari rawatannya. Sejumlah karya kain lawas nusantara dari banyak daerah di Indonesia masih tersimpan rapi dan dirawat dengan baik.

Meskipun perempuan kelahiran 16 Juli 1955 ini tidak tamat SD, ia mampu belajar bisnis secara otodidak. Selalu teguh, konsisten, dan menuangkan kecintaan terhadap kain nusantara. Hingga akhirnya pada 1980-an, Obin membuka bisnis kain pertama di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, yang dinamakan BINhouse. Usahanya masih berjalan sampai kini, bahkan telah membuka cabang di New York.

Sejak awal BINhouse dibuka, galeri ini mulai membuat kain dan memproduksi barang-barang untuk keperluan interior, seperti penutup lampu. Produknya telah dipasarkan ke beberapa wilayah baik dalam maupun luar negeri, seperti Jakarta, Bali, Singapura, dan Jepang.

Ingin tahu kelanjutan kisahnya? Simak perbincangan Yovie Widianto bersama Obin dalam program IDEnesia episode Obin, Si Tukang Kain, hanya di Metro TV pada Kamis 28 September 2017, pukul 21.05 WIB.

Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(ROS)