Usai Dioperasi, Iwan Fals Makin Perhatikan Kesehatan

Cecylia Rura    •    05 Desember 2018 21:29 WIB
iwan fals
Usai Dioperasi, Iwan Fals Makin Perhatikan Kesehatan
Iwan Fals. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Menginjak usia 57 tahun, musisi senior Iwan Fals cukup berhati-hati soal kondisi kesehatan. Ia bercerita sempat mengalami cedera otot saraf pada lengan kanan karena jarang melakukan pemanasan saat bermain bulu tangkis.

"Ini putus, sudah setahun. Karena dulu awalnya tahun 80-an main badminton enggak senam, enggak pemanasan. Smash, smash, sakit didiemin," kata Iwan Fals di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu 5 Desember 2018.

"Tiga bulan terakhir naik motor, mau jatuh, nahan, (otot) kaget. Terus push up terus, enggak kerasa robek. Terus dokter bilang ini harus diperbaiki," paparnya.

Usai menjalani operasi, Iwan Fals cukup berhati-hati. Kini, ia lebih banyak menjalani pola makan teratur dan tetap berolahraga. Ia juga masih rutin melakukan pemanasan untuk menjaga kualitas pita suara.

Pada 16 Desember 2018, Iwan Fals akan menggelar konser tunggal bertajuk Nyanyian Yang Tersimpan. Ada 20 lagu dalam repertoar lagu yang dibawakan, lima di antaranya lagu yang tidak dirilis umum ke publik.

Kegemarannya bermusik bahkan ikut memerhatikan perkembangan bingkai musik Indonesia yang kini dibanjiri koleksi musik indie. Iksan Skuter, Jason Ranti, Efek Rumah Kaca, dan Barasuara adalah beberapa musisi yang digemari Iwan Fals.


 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA