Calon Orang Terlucu Dunia Asal Bali

Media Indonesia    •    15 September 2016 11:30 WIB
stand up comedy metro tv
Calon Orang Terlucu Dunia Asal Bali
Silvi Santoso.(Foto:Youtube)

Metrotvnews.com: "Nama saya Silvi Santoso dari Indonesia. Seandainya dari Spanyol, saya akan jadi Silvia Santoz," demikian kalimat pembuka yang dilontarkan stand up comedian asal Indonesia bernama sama, di sebuah panggung suatu kali.

Dalam tiga tahun terakhir, Silvi, yang bekerja sebagai food inspector untuk Canadian Food Inspection Agency itu, sudah lancar menjadi dirigen tawa penonton di berbagai klub komedi di beberapa kota di Amerika Serikat seperti di New York, Los Angeles, Las Vegas, dan Washington.  Dia juga pernah mengocok perut penonton Fox TV, pada Oktober 2014.



Semuanya bermula tiga tahun lalu. Awalnya Silvi tampil dalam sebuah acara komedi amatir di Toronto, Kanada.
Sejak saat itu kelucuannya meramaikan sejumlah kompetisi lokal.

Baca: Stand Up Comedy ala Betawi

Ibu tunggal dari tiga anak itu telah mengolah gelak penonton di sejumlah festival seperti Highlarious Comedy Festival (Seattle, Agustus 2016) dan Soulo-show Festival (Toronto, Mei 2016).

Silvi juga finalis ajang komedi Brantford Comedy Festival (2014) dan Go Yuks Yourself (2015), serta semifinalis She Devil Festival (New York, 2014 & 2015).




Lulusan fakultas teknologi pertanian Universitas Udayana ini merasa bahwa hingga kini dirinya bukanlah komedian profesional. "Awalnya saya ditantang teman-teman. Mereka yakin saya ini lucu, jenaka."

Tahun ini, kelucuannya membuatnya masuk jajaran peserta kompetisi orang terlucu sedunia, Funniest Person in the World 2016. Wakil dari 56 negara tampil di babak pertama tahun ini dan setiap negara diwakili paling banyak dua komedian. Mereka bisa disaksikan dalam video di www.laughfactory.com.

Dua puluh peserta dengan voting terbanyak akan masuk semifinal kompetisi berhadiah utama US$100 ribu (sekitar Rp1,3 miliar) itu.

Baca: Tips Cari Pacar dari Raditya Dika

Mereka merupakan semifinalis yang akan tampil di Helsinki, Finlandia. Di Helsinki, mereka bakal tampil di depan panel ahli dan para selebritas.  Di tahapan ini akan dipilih lima finalis. Mereka akan ditentukan lewat voting babak pertama (50%) dan pilihan juri (50%).

Para finalis ini akan tampil di final yang juga dilangsungkan di Helsinki. Babak pamungkas ini kabarnya akan disiarkan langsung via Youtube pada 5 Desember 2016. Pemenang kompetisi akan ditentukan lewat voting online di YouTube.com pada 5-10 Desember 2016.

 


(FIT)