Hasil Survei KPI, Kualitas Sinetron di Indonesia Makin Terpuruk

Elang Riki Yanuar    •    08 Oktober 2016 16:22 WIB
kpi
Hasil Survei KPI, Kualitas Sinetron di Indonesia Makin Terpuruk
Hasil Survei KPI, Kualitas Sinetron di Indonesia Makin Terpuruk (Foto: dok. KPI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan hasil Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode kedua tahun 2016. Hasilnya, KPI menganggap lembaga penyiaran belum  optimal melakukan perbaikan kualitas siaran, khususnya pada program infotainment dan sinetron.

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis memberikan catatan pada program sinetron yang nilai indeksnya lebih rendah dari periode sebelumnya. Pada survei  periode pertama, program sinetron mendapat nilai indeks 2,94, sedangkan pada periode kedua nilai indeks yang diperoleh sebesar 2,7.

KPI Diminta Hentikan Sementara Sinetron Anak Jalanan

"Catatan dari panel ahli tentang program sinetron ini menunjukkan nilai yang rendah pada aspek membentuk watak dan jati diri bangsa, relevansi cerita, serta muatan tidak edukatif yang mendominasi wajah program sinetron di televisi," tulis keterangan tertulis dari KPI.

Sedangkan untuk program infotainment, meskipun terdapat peningkatan nilai indeks dari periode lalu, nilainya tetap saja rendah yakni sebesar 2,64. Catatan terbesar dari program infotainment adalah rendahnya penghormatan terhadap kehidupan pribadi.

"Panel ahli dalam survei ini mengakui, ada aspek informatif dalam program infotainment. Namun berita yang cenderung sensasional lebih mendominasi," lanjutnya.

Survei KPI: Mata Najwa Talk Show Paling Berkualitas

Yuliandre berharap lembaga penyiaran harus melakukan perbaikan secara total pada konsep sinetron dan infotainment. KPI sendiri akan mengambil langkah agar hasil survei ini menjadi catatan penting dalam evaluasi tahunan.

"Jika memang hasil survei ini sebangun dengan pengaduan masyarakat dan akumulasi sanksi yang didapat, kami akan merekomendasikan sinetron dan infotainment mana saja yang sebaiknya dihentikan secara permanen," kata Yuliandre.

Sementara itu, KPI memberikan apresiasi kepada program wisata budaya yang hadir di televisi. Nilai indeks yang diperoleh program ini pada survei tahap kedua mencapai 4,09.

"Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia tentunya sangat memungkinkan untuk dieksplorasi menjadi program siaran di televisi," tuturnya.

Survey Indeks Kualitas Program Siaran Televisi ini dilakukan KPI bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) serta 12 (dua belas) perguruan tinggi di 12 provinsi.

Hasil survei indeks kualitas program siaran televisi kedua di tahun 2016:

Wisata Budaya (4,09)
Religi (3,80)
Anak-anak (3,79)
Berita (3,67)
Talkshow (3,53)
Variety Show (3,21)
Komedi (3,13)
Sinetron/ Film (2,70)
Infotainment (2,64)




(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA