Harga Jual Kursi Bersejarah JK Rowling Mengejutkan

Agustinus Shindu Alpito    •    08 April 2016 16:31 WIB
jk rowling
Harga Jual Kursi Bersejarah JK Rowling Mengejutkan
JK Rowling (Foto: reuters)

Metrotvnews.com, New York: Kursi yang digunakan oleh J.K Rowling saat menulis dua buku pertama Harry Potter dilelang dengan harga USD394 ribu atau sekitar Rp5,1 miliar.

Kursi sederhana yang dilelang di kota New York, Amerika Serikat, itu dibeli oleh seorang kolektor yang tidak ingin diketahui identitasnya secara umum.

Gerald Gray, yang menjual kursi ini tidak menyangka bahwa angka lelang jauh melebihi harapannya. Dia lantas akan mendonasikan 10 persen dari penjualan kursi ini untuk amal.

Kursi yang sama sebelumnya pernah dilelang. Oleh Rowling sendiri di tahun 2002, di mana uang hasil lelang akan disumbangkan untuk kegiatan amal. Pada saat itu, kursi ini terjual USD21 ribu.

Gray membeli kursi bersejarah ini di eBay karena diminta oleh anaknya yang menjadi penggemar berat Harry Potter.

Pada tahun 2009 kursi ini dijual di eBay dengan harga USD29 ribu atau sekitar Rp381 juta. Angka yang jauh lebih rendah dari hasil lelang saat ini.

"Kursi era 1930-an dari kayu oak dengan penggantian kain bantalan duduk bermotif bunga warna merah diduduki Rowling ketika dia menulis dua buku paling penting di era modern," kata James Gannon, direktur buku langka di Heritage Auctions.


(ELG)

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

1 week Ago

Setelah didalami sejumlah pihak, termasuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP), te…

BERITA LAINNYA