Once: Jangan Remehkan Potensi Artis yang jadi Caleg!

Cecylia Rura    •    09 Agustus 2018 09:43 WIB
once mekel
Once: Jangan Remehkan Potensi Artis yang jadi Caleg!
Once Mekel. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Tahun 2018 para selebritas ramai-ramai mencoba peruntungan di dunia politik. Sekitar 50 nama artis tercantum di beberapa partai nasional. Mereka di antaranya, dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ada Olla Ramlan, Nafa Urbach, Manohara, Jonathan Frizzi dan Chris Jon. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disinggahi Angel Karamoy, Krisdayanti dan Harvey Malaiholo. Dessy Ratnasari dan Primus Yustisio bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN). Tommy Kurniawan, Herman (gitaris Seventeen) dan Arzetti Bilbina berdiri di bawah bendera Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Charlie van Houten dan Reza Artamevia di Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Rachel Maryam, Ahmad Dhani dan Fauzi Badillah di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Giring Ganesha di Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Once Mekel sebagai musisi mengikuti perkembangan ini. Dia memaparkan, artis yang berjaya di panggung seni berhak mendapatkan ruang untuk berkampanye terjun di dunia politik.

"Sudah pasti boleh, dong. Jangan meremehkan artis-artis itu. Satu, artis itu apalagi mereka yang memang punya kemampuan, paling tidak public speaking yang bagus itu menjadi modal dasar, di luar modal dasar mereka bahwa dikenal masyarakat," tutur alumnus jurusan Hukum di Universitas Indonesia itu kepada Medcom.id di kawasan Gatot Subroto, belum lama ini.

Perolehan suara dianggap jauh lebih mudah lantaran sudah mendapatkan hati masyarakat melalui panggung seni di dunia hiburan. Kendati peralihan panggung seni ke politik membuat selebritas kerap kali dipandang sebelah mata, Once mengimbau untuk tidak meremehkan para pelaku seni.

"Artinya mereka sudah berinteraksi dengan publik luas sepanjang karier. Kita berharap artis tidak diremehkan begitu saja. Khususnya mereka yang memang punya latar belakang politik dan punya kejujuran bahwa mereka memang ingin berbakti pada negara melalui posisi lembaga perwakilan rakyat," sambungnya.

Kendati pesta demokrasi kini banyak diramaikan selebritas, Once Mekel belum tertarik untuk terlibat. "Enggak, saya masih gondrong, belum cocok pakai peci," ucapnya sambil tersipu.

"Saya pikir kita kasih kesempatan buat teman-teman yang memang memiliki latar belakang pendidikan sosial politik. Biar mereka aja yang mikirin dulu," tutup Once.

 


(ASA)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

6 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA