Apa Makna Tato 4:20 di Tangan Ello?

Yatin Suleha    •    10 Agustus 2017 15:01 WIB
marcello tahitoe
Apa Makna Tato 4:20 di Tangan Ello?
Di Amerika tanggal 20 April menjadi hari yang disebut dengan international counterculture holiday yang terkenal dengan sebutan

Metrotvnews.com, Jakarta: Marcello Tahitoe atau yang akrab disapa Ello tertangkap Polres Metro Jakarta Selatan terkait dengan keterlibatan narkoba. Ello diduga mengonsumsi narkoba jenis ganja. Dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya bakal mengumumkan kasus itu sore nanti.

Terlepas dari kasus narkoba pada kalangan artis, ada hal yang menarik dari tato yang terukir di tangan kanan anak ketiga dari mendiang Diana Nasution tersebut. Tersemat 4:20. Walau Ello pernah juga mengatakan bahwa di pukul tersebut saat-saat di mana matahari tak lagi panas menyinari bumi. Namun apakah ada arti dan sejarah dari tato dari penyanyi yang terkenal dengan tembang "Pergi Untuk Kembali" dan "Masih Ada" tersebut?

Sejarah Angka 4:20 Itu Sendiri

Jika ditilik dari Wikipedia.com, diketahui tahun 1971, ada lima anak sekolah menengah atas di San Rafael, California yang menyebut diri mereka sebagai "the Waldos". Julukan ini merupakan kepanjangan dari "wall outside the school". 

Adalah Steve Capper, Dave Reddix, Jeffrey Noel, Larry Schwartz, and Mark Gravich, lima anak yang mencari daun ganja yang pernah mereka pelajari kandungannya. Mereka mencari berdasarkan peta yang mereka percayai dibuat oleh para penanam tanaman ganja. 

Anak-anak "the Waldos" ini bertemu di pukul 4:20 p.m. (sore), sebagai waktu bertemu yang lokasinya berada di bawah patung the Louis Pasteur di taman sekolah menengah atas, San Rafael High School.

Awalnya the Waldos ini sering menyebut 4:20 Louis (maksudnya di sekitar patung Louis atau patung Louis Pasteur yang merupakan karya dari Benny Bufano). 

Karena terlalu panjang, mereka sering menyebutnya hanya dengan "4:20" saja. Menurut Wikipedia.com, akhirnya angka ini berkembang menjadi sebuah kode yang berarti penggunaan marijuana/ganja secara umum.

(Baca juga: Marcello Terjebak di Jalur Alternatif)

Angka 4 dan 20 sendiri juga merupakan bulan April yang dalam penulisan Amerika disingkat menjadi bulan terlebih dahulu (4) kemudian tanggal terjadinya yaitu (20).

Di Amerika tanggal 20 April menjadi hari yang disebut dengan international counterculture holiday yang terkenal dengan sebutan "cannabis culture", dan tepatnya pada pukul 4:20 tersebut merupkan waktu di mana menikmatinya. 

Cerita tersebut didapatkan dari salah satu anggota the Waldos yang menceritakan kisah tersebut dalam rekaman yang berkaitan dengan tindakan kriminal. Fakta lain juga menyebutkan bahwa penulisan 4:20 juga memiliki variasinya yang berbeda, seperti misalnya 4/20, 4.20 atau 420.










(TIN)