Amoroso Katamsi Dimakamkan Secara Militer

Cecylia Rura    •    17 April 2018 15:52 WIB
artis meninggalamoroso katamsi
Amoroso Katamsi Dimakamkan Secara Militer
Pihak keluarga menaburkan bunga ke atas liang lahat (Foto: Medcom/Cecylia)

Jakarta: Aktor Amoroso Katamsi resmi dikebumikan melalui upacara militer pada Selasa, 17 April 2018 di TPU Tanah Wakaf Pondok Labu, Jakarta Selatan. Prosesi pemakaman pelaku seni yang juga dihormati sebagai Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan Dr. Amoroso Katamsi, SpKj itu secara resmi diserahkan oleh pihak keluarga kepada pasukan militer Angkatan Laut untuk dimakamkan.

Sebelumnya, jenazah disalatkan di Masjid Imam Bonjol yang sekaligus menjadi tempat dimulainya penyerahan prosesi upacara pemakaman secara militer. Aning Katamsi, putri bungsu pasangan Amoroso Katamsi dan Pranawengrum Katamsi mewakili keluarga menyerahkan prosesi tersebut.


Upacara penyerahan prosesi pemakaman secara militer dari pihak keluarga di tengah lapangan Masjid Imam Bonjol, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa 17 April 2018 (Foto: Medcom/Cecylia)

Prosesi tersebut diwarnai dengan hormat angkat senjata dari barisan TNI Angkatan Laut.

Upacara pemakaman secara militer dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI K. Prihantono dari Angkatan Laut.

Dari pantauan Medcom.id, prosesi berjalan khidmat dimulai dari pembacaan doa kepada jenazah di liang lahat, pembacaan jejak rekam, penghormatan dari para pasukan TNI dan Polri, hingga penghormatan berupa penembakan senapan ke udara oleh pasukan salvo.


Pasukan Salvo bersiap menembakkan senapan ke udara sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada mendiang Amoroso Katamsi (Foto: Medcom/Cecylia)

Prosesi pemakaman yang tampak sakral itu diiringi nyanyian terompet dan perkusi dari para tentara TNi. AL.

Upacara pemakaman selesai sekitar pukul 14.00 WIB diakhiri dengan penyerahan bendera pusaka merah putih kepada pihak keluarag yang diwakilkan oleh Peni, istri kedua Amoroso.


Upacara penutupan prosesi pemakaman jenazah Amoroso Katamsi secara militer (Foto: Medcom/Cecylia)

Amoroso Katamsi meninggal dunia di usia 79 tahun. Sebelumnya, sempat terjadi informasi simpang siur terkait tahun lahir almarhum. Keluarga menegaskan, almarhum Amoroso lahir pada tanggal 21 Oktober 1938.

Kepergian sosok Amoroso meninggalkan pedih bagi keluarga yang ditinggalkan, yakni tiga orang anak dari istri pertama, Pranawengrum, yakni Ratna, Doddy, dan Aning. Sementara dari istri kedua, yakni Peni, meninggalkan seorang putri bernama Anisa.

Selain sebagai orang penting di keluarga kemiliteran, Amoroso juga sempat menjabat sebagai Wakil Kwarnas Pramuka serta Direktur Utama Perum Produksi Film Negara (PFN).


 


(ELG)