Pesan Terakhir Bondan Winarno untuk Keluarga

Cecylia Rura    •    29 November 2017 14:17 WIB
bondan winarno
Pesan Terakhir Bondan Winarno untuk Keluarga
Bondan Winarno (Foto: MI/Adam Dwi)

Jakarta: Kepergian Bondan Winarno meninggalkan kedukaan mendalam. Tak hanya bagi dunia perkulineran yang mengenalnya sebagai pencetus slogan 'Maknyuss', namun juga bagi keluarga.

Menurut Eliseo Raket, putra kedua Bondan, sang ayah tidak banyak memberikan pesan selain mengajak orang lain untuk selalu bersikap positif. Termasuk saat dirinya menjalani pengobatan.

"Beliau orang yang sangat positif dan enggak pernah ninggalin tanda apapun, kecuali menyuruh kami untuk kuat dan (bilang) 'Saya damai kok. Saya memutuskan ini dengan perasaan damai operasi ini'. Itu yang kita ingat dari dia," kata Eliseo saat dikonfirmasi pesan terakhir dari sang ayah.

Sebelumnya, Bondan rutin melakukan medical check up di Malaysia ditemani sang istri. Namun, ketika dirasa terdapat tanda kelainan, sang anak mengungkapkan Bondan meminta untuk dilakukan operasi di Rumah Sakit Harapan Kita.

Riwayat Sakit Bondan Winarno Sejak 2005

Kendati kepergiannya yang tiba-tiba meninggalkan luka mendalam, sang ibu dikatakan sudah merelakan.

"Kami semua sangat berduka, tapi ibu saya sudah merelakan. Tadi pagi waktu tim dokter mengatakan ini sulit Pak Bondan untuk bertahan, beliau bilang saya relakan, karena dia juga enggak mau kalau nanti, katakan masih berhasil diselamatkan keadaannya masih sangat rentan," lanjut Eliseo.

Ini merupakan kali kedua Bondan dioperasi. Sebelumnya, Bondan sempat pulang ke rumahnya di Bali usai melakukan operasi pertama di RS Harapan Kita. Namun ketika terjadi infeksi Bondan kembali dibawa ke RS Harapan Kita, Jakarta Barat.



 


(ELG)