Bagito Prihatin Grup Lawak Indonesia Semakin Sedikit

Elang Riki Yanuar    •    01 November 2016 11:32 WIB
bagito
Bagito Prihatin Grup Lawak Indonesia Semakin Sedikit
Bagito (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagito merasa prihatin semakin sedikitnya grup lawak di Indonesia. Beberapa tahun belakangan, komedian tunggal atau stand up comedian memang lebih mendominasi panggung hiburan.

Menurut Miing, grup lawak semakin tidak mendapat tempat di televisi karena tren komedian tunggal yang saat ini digandrungi masyarakat. Akhirnya, grup lawak semakin dilupakan.

"Kalau saya perhatikan hampir tidak ada (grup lawak). Adanya tren stand up comedy, mereka terninabobokan. Saya prihatinnya karena tidak ada grup lawak.," kata Miing saat berbincang dengan Metrotvnews.com.

Kalau pun ada grup lawak, lanjut Miing, para personelnya lebih banyak jalan sendiri-sendiri. Dia mencontohkan Sule yang dulu tergabung dalam grup lawak SOS sekarang lebih sering tampil sendiri.

Selain Sule, personel grup lawak yang lebih banyak tampil sendiri yaitu Patrio dan Cagur. Padahal, Indonesia dulu punya grup lawak cukup banyak seperti Warkop, Srimulat, Jayakarta dan lainnya.

"Sekarang televisi, personel grup lawaknya 'dicabutin 'satu-satu. Padahal secara pertunjukan jauh lebih menarik kalau pelawak ini berkelompok. Ada dramaturginya. Bukan berarti jelek, tapi secara endurance daya tahannya lebih lama," ujarnya.

Melihat kekosongan itu, Bagito pun kembali berkumpul. Miing, Didin dan Unang yakin masih memiliki kreativitas yang tak kalah dengan komedian muda.

"14 tahun setelah ditinggal Bagito, pasarnya kosong tidak ada yang mengisi. Makanya kita balik lagi. Kita rawat lagi. Dengan sisa-sisa stamina. Kalau dulu mungkin larinya kencang, tapi sekarang maraton saja, yang penting sampai," tutup Miing.




(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA