John Paul Ivan Beberkan Perkembangan Kasus Hoaks yang Catut Namanya

Purba Wirastama    •    28 Mei 2018 19:42 WIB
seleb bicara politik
John Paul Ivan Beberkan Perkembangan Kasus Hoaks yang Catut Namanya
John Paul Ivan (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: John Paul Ivan, eks gitaris Boomerang, telah melaporkan situs pribuminews.co.id karena memuat berita bohong yang mengklaim namanya sebagai pencipta lagu gerakan ganti presiden. Hingga kini, selang sepekan sejak tulisan dimuat pada 19 Mei 2018, John mengaku belum dihubungi pihak pengelola situs. 

"Enggak ada (konfirmasi) sama sekali," kata John alias JPI di kawasan Petamburan, Jakarta, Senin petang, 28 Mei 2018. 

"Mereka tidak menghubungi," imbuhnya. 

Artikel yang dimaksud tertulis dengan judul "Jhon Paul Ivan Ciptakan #2019GantiPresiden Begitu Syahdu dan Meninju". Isinya antara lain mendeskripsikan riwayat John sebagai musisi legendaris yang pernah bermain gitar dengan "Guns and Roses, Scorpion, Bryan Adam". 

Artikel ini juga menyebut bahwa "dunia rock dan musik tanah air terguncang saat beberapa stasiun radio mengumandangkan lagu tersebut" dan bahwa "pihak istana meminta untuk tidak diputar".

Begitu tulisan ini tersebar di media sosial, JPI membantah keterlibatannya. JPI juga menyebut dirinya tidak pernah dihubungi pihak Pribuminews terkait hal yang ditulis di situ. 

Pada hari berikutnya, Minggu pagi, 20 Mei, Pribuminews.co.id memuat artikel klarifikasi, bahwa mereka telah keliru mencatut nama. Namun artikel kedua ini juga ditulis tanpa konfirmasi ke JPI.

"Tim kami juga sudah melakukan klarifikasi atas nama pengarang dan foto jadi ramai soal lagu #2019GantiPresiden karena nama mirip mungkin akibatnya kurang teliti," tulis artikel kedua. 

JPI telah melaporkan Pribuminews.co.id ke Bareskrim Polri pada Senin, 22 Mei. Laporan ini terdaftar dengan nomor LP/B/676/V/2018/Bareskrim. Pemimpin redaksi menjadi terlapor. 

Menurut penelusuran Medcom.id pada Senin, 28 Mei, nama pemimpin redaksi yang tertulis adalah W Hermana HMT dengan pemimpin perusahaan Ussie Samsi. Situs ini berada dalam grup Meprindo Media Grup pimpinan Aendra Medita Kartadipura. 

Sejumlah situs lain dalam naungan grup ini di antaranya porosnews.comjabarsatu.comcitrasurveiindonesia.co.idjakartasatu.commeditanews.comedun.co.idmigasnesia.comcsr-indonesia.comseni.co.id, dan energyworld.co.id.


Baca juga: John Paul Ivan Perkarakan Hoaks Pencipta Lagu #2019GantiPresiden


 

 




(ASA)