Sosok Amoroso Katamsi di Mata Anak-anaknya

Cecylia Rura    •    17 April 2018 17:18 WIB
artis meninggalamoroso katamsi
Sosok Amoroso Katamsi di Mata Anak-anaknya
Doddy Katamsi, putra Amoroso Katamsi. (Foto: Cecylia Rura)

Jakarta: Amoroso Katamsi telah dikebumikan di TPU Tanah Wakaf, Pondok Labu, Jakarta Selatan pada Selasa, 17 April 2018.

Sosok almarhum yang begitu dihormati melalui kerja keras dan multi profesi yang digeluti menjadikannya begitu dikenang dan mengundang isak tangis. Putra dan putri Amoroso, Doddy serta Aning Katamsi begitu kehilangan sosok ayah yang dipandangnya sebagai panutan.

"Orang paling pintar dan paling bijaksana, karena dia bisa membagi waktu sebagai tentara dokter, akting, film, terus belum lagi dia ngajar jadi dosen. Itu gimana caranya, kalau aku sih enggak sanggup," kata Doddy, putra mendiang Amoroso kepada Medcom.id di Pondok Labu, Selasa, 17 April 2018.

Tak banyak yang tahu jika ternyata aktor yang berperan sebagai Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI itu aktif mengajar di beberapa sekolah, seperti di Institut Kesenian Jakarta dan mengampu program studi Manajemen di sebuah universitas.

Tak jauh berbeda dengan pernyataan Doddy, sang adik, Aning Katamsi juga mengatakan hal senada.

"Bapak kalau buat keluarga kami panutan, ya. Segalanyalah. Dari kedisiplinannya, peduli sama orang, kepemimpinan di rumah. Kami di rumah, dari kecil bapak itu super. Sudah dokter, angkatan laut, main teater juga," kata Aning.

Amoroso yang juga dikenal sebagai sosok aktor ini meninggalkan empat orang anak. Tiga di antaranya, Ratna, Dodie, dan Aning merupakan anak dari istri pertama Pranawengrum, penyanyi sopran yang lebih dulu berpulang pada 2006 silam. Sementara satu orang anak, Anisa, dari istri kedua Amoroso bernama Peni.

Laksamana Pertama (Laksma) Purnawirawan TNI Dr. Amoroso Katamsi meninggal dunia di usia 79 tahun. Ia dikebumikan di TPU Tanah Wakaf Pondok Labu, Jakarta Selatan melalui prosesi upacara militer yang dipimpin Laksamana Pertama (Laksma) K. Prihantono dari Angkatan Laut.


 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

1 week Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA