Triawan Jamin Bekraf Selalu Mendukung Penuh Kegiatan di Bidang Seni

Sri Yanti Nainggolan    •    27 Agustus 2016 16:38 WIB
seni kreativitas
Triawan Jamin Bekraf Selalu Mendukung Penuh Kegiatan di Bidang Seni
Triawan Munaf (paling kiri) (Foto: Metrotvnews/Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kreativitas adalah salah satu hal yang mampu menunjang ekonomi bangsa kelak. Oleh karena itu, Indonesia kini tengah gencar mengembangkannya di berbagai bidang seni.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia mengatakan bahwa ekonomi kreatif identik dengan warna oranye seperti buah jeruk. Artinya, bidang ini menghasilkan uang sekaligus menyenangkan para pekerjanya karena sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Menurutnya, bidang yang didominasi oleh hiburan seperti musik, film, kuliner, fesyen, fotografi, dan sebagainya tersebut harus ditingkatkan karena penting untuk masa kini dan masa depan negara kelak.

"Kreativitas ekonomi adalah soft power yang tak ada habisnya karena ini berkaitan dengan kemampuan berkreasi. Ibaratnya, ini sumur yang tak akan habis airnya," ungkapnya dalam acara talkshow Creative Thinking for Creative Child persembahan Sampoerna Academy dan Joy Parenting, di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Indonesia sendiri kini tengah mengejar ketinggalan di bidang kreatif ekonomi di antara negara-negara lain yang tidak menjadikan tulisan latin sebagai acuan penulisan, seperti Thailand atau India.

"Negara dengan tulisan sanskrit memang secara desain lebih ketinggalan karena tidak bersifat internasional, tapi nyatanya kita masih saja tertinggal," tandasnya.

Oleh karena itu, salah satu strategi dari Bekraf adalah mendukung berbagai kegiatan atau acar yang berhubungan dengan pengembangan di bidang yang tengah menjadi fokusnya.

 


(ELG)