Gaun Ikonik Marilyn Monroe akan Dilelang

Nia Deviyana    •    08 September 2016 13:30 WIB
marilyn monroe
Gaun Ikonik Marilyn Monroe akan Dilelang
(Foto: Harpezbazaaar)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Lima belas ribu pasang mata di Madison Square Garden tertuju ke arah Marylin Monroe, bahkan sebelum ia menyanyikan lagu Happy Birthday untuk Presiden Amerika John F. Kennedy pada 19 Mei 1962.

Hadirin yang datang semakin terpukau ketika sang bintang melepas mantel putihnya, memperlihatkan lekuk tubuh yang dibalut sebuah gaun mewah bertabur rhinestone.




(Foto: Vanity Fair)

Penampilannya kala itu cukup diingat. Sebab, artis yang lekat dengan simbol seks abad 20-an tersebut meninggal dunia secara misterius, kurang dari tiga bulan pascatampil di acara itu.

(Foto: Klise Foto Polos Marilyn Monroe Dirilis)

Kedua, gaunnya yang ikonik disebut-sebut mewakili penampilan spesial Marilyn untuk sang Presiden.

Pasca kematiannya, semua barang Monroe diserahkan kepada Lee Strasberg, mentor yang sudah dianggap Monroe sebagai ayah.

Pada 1999, gaun yang aslinya seharga USD12 ribu itu dilelang dengan harga USD1,26 juta, angka fantastis untuk sebuah gaun. Nominal tersebut bahkan jauh melebihi lelang gaun Putri Diana seharga USD225 ribu pada 1997.

Gaun rancangan Jean Louis itu akan dilelang kembali pada 17 November mendatang di sebuah rumah lelang di Los Angeles. Darren Julie, pemilik rumah lelang berharap memorabilia tersebut terjual setidaknya di angka USD2 juta sampai USD3 juta


"Ini setara dengan lukisan karya Claude Monet (termasuk karya termahal di dunia). Bedanya ini bersejarah, dan berhubungan dengan salah satu aktris paling penting," kata Julien, seperti dilansir Reuters.

Jika masih hidup, Marilyn Monroe kini berusia 90 tahun.



Lihat juga: Lady Rocker Tak Pernah Padam




(DEV)