Foto-foto Marilyn Monroe Sebelum Terkenal Kembali Dipublikasikan

Agustinus Shindu Alpito    •    04 Juli 2017 14:01 WIB
marilyn monroe
Foto-foto Marilyn Monroe Sebelum Terkenal Kembali Dipublikasikan
Marilyn Monroe (Foto: Ed Clark)

Metrotvnews.com: Foto-foto langka dari ikon industri hiburan asal Amerika Serikat, Marilyn Monroe, baru-baru ini kembali dipublikasikan. Menariknya, foto-foto itu mengungkap sosok Monroe sebelum dirinya terkenal.

Adalah Ed Clark, seorang fotografer LIFE yang mendapat telepon pada 1950 dari seorang temannya yang bekerja di 20th Century Fox. Studio film itu mengatakan baru saja merekrut seorang bintang muda bernama Marilyn Monroe.

Monroe sebenarnya pernah bergabung dengan Fox pada Agustus 1946, namun kontrak itu hanya bertahan selama enam bulan. Kemudian Monroe menghabiskan waktu untuk mengambil kelas akting, dan modeling. Kemudian pada 1950, karier Monroe mulai mengalami kemajuan berarti. Dia tampil dalam enam film, termasuk mendapat peran kecil dalam film The Asphalt Jungle dan All About Eve.

Ketika Clark memutuskan memotret, Monroe masih menyandang status selebritas kurang terkenal. Lokasi pemotretan bertempat di Griffith Park, di Los Angeles. Lokasi itu menjanjikan latar belakang bernuansa hutan dengan pepohonan yang padat.

Lucunya, setelah sesi foto selesai dan Clark mengirimkan hasil foto itu ke kantor pusat majalah LIFE, dia justru mendapat respons negatif.

"Saya mengirimkan roll foto ke (kantor) LIFE di New York, dan dia mengirimkan telegram balik kepada saya, ‘Who the hell is Marilyn Monroe?" kata Clark.

Akhirnya, foto-foto Monroe batal dimuat di majalah LIFE. Alasannya memang masuk akal. LIFE merupakan majalah bergengsi kala itu, yang tentu berisiko jika memuat foto-foto eksklusif dari seorang aktris yang tidak terkenal.

Nampaknya semesta berkehendak lain. Monroe yang tidak dikenal perlahan menjadi salah satu bintang paling terang dalam industri hiburan dunia. LIFE pun memanfaatkan momen itu. Beruntung, negatif dari foto-foto Monroe yang mereka tolak masih ada. Tiga tahun berselang dari penolakan itu, sosok Monroe muncul di sampul LIFE.

Foto hitam putih itu memadukan pesona fisik Monroe dengan konsep alam terbuka. Dalam beberapa sesi, tampak pose santai Monroe membaca buku dengan pakaian musim panas. Di sisi lain, terdapat portrait Monroe yang menunjukkan dia memiliki karakter kuat. Juga dengan kemeja yang dibordir “MM” menunjukkan inisial namanya.

Karier gemilang Monroe tidak berlangsung lama. Dia meninggal di usia 36 tahun, pada 1962. Pesona Monroe masih menyihir hingga saat ini.


(ELG)

Tanggapan Payung Teduh Soal Perubahan Musikalitas

Tanggapan Payung Teduh Soal Perubahan Musikalitas

1 day Ago

Ada yang bilang, ‘Mas lagu lo jelek banget, asli!’ Gue bilang saja, ‘Makasih,…

BERITA LAINNYA