Sebelum Giring Nidji, 6 Musisi Ini Rambah Dunia Politik

Cecylia Rura    •    03 Januari 2018 19:41 WIB
selebritas
Sebelum Giring Nidji, 6 Musisi Ini Rambah Dunia Politik
Pasha menjadi musisi yang sukses berkiprah di politik setelah terpilih sebagai Wakil Wali Kota Palu (Foto: MI?M Taufan)

Jakarta: Akhir tahun 2017 kemarin menjadi momen penting bagi grup band Nidji. Setelah lima belas tahun bermusik bersama, vokalis Giring Ganesha memutuskan untuk hiatus bersama Nidji dan membangun karier politik.

Perpisahan mereka ditutup manis lewat gelaran aksi panggung di kawasan Tangerang Selatan dan diunggah melalui akun Instagram dengan bubuhan tagar #SelamatTidurNidji. Sementara Giring hiatus, personel Nidji lain akan tetap eksis bermusik lewat Nidji Electronic Version Plus (NEV+) yang membawakan lagu-lagu Nidji dengan kemasan yang lebih fresh.

Giring yang kini juga dikenal sebagai pendiri startup Kincir.com akan fokus berpolitik bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diketuai Grace Natalie. Kabar istirahatnya Nidji bukanlah tiba-tiba. Sejak Mei lalu Giring sudah mengatakan Nidji akan beristirahat. Bukan karena bosan, selain untuk berpolitik, hal ini dikarenakan Giring juga akan fokus dengan usaha Kincir.com miliknya.

Sebelum Giring, sederet nama musisi berikut telah lebih dulu terjun ke dunia politik.

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (Foto: Antara)

Mantan suami Maia Estianti ini diketahui mulai berpolitik sejak Pemilihan Presiden 2014 lalu saat ia mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal Calon Presiden. Kemudian pada 2017 Ahmad Dhani muncul dalam Pilkada Bekasi. Ia terdaftar sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Sa'duddin. Sayangnya Dhani masih belum beruntung karena pesta demokrasi tersebut dimenangkan oleh pasangan Neneng Hasanah Yasin dan Eka Suria Atmaja.

2. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah (Foto: dok. dpr ri)

Anang termasuk artis yang berhasil ketika memulai karier di dunia politik, Anang yang kini masih eksis bermusik telah tercatat sebagai anggota DPR RI di Komisi X periode 2014-2019 di bawah bendera Partai Amanat Nasional (PAN).

3. Pasha "Ungu"

Pasha (Foto: Antara)

Sama seperti Anang, Pasha juga sukses di awal kariernya di dunia politik. Sukses menghibur penikmat musik Tanah Air lewat warna musik pop melankolis, pemilik nama asli Sigit Purnomo Said ini terpilih menjadi Wakil Wali Kota Palu pada Pemilihan Umum 2015. Bersama Hidayat, kini Pasha tengah menata wajah Kota Palu.

4. Rhoma Irama


Pada 14 Oktober 2015 Raja Dangdut Indonesia Rhoma Irama mendirikan Partai Islam Damai Aman (Idaman). Ia pun sempat disebut-sebut maju dalam Pemilihan Presiden pada 2014 lalu. Sebelumnya dia juga sudah sempat berkiprah di partai politik seperti PPP dan Golkar.

5. Ifan "Seventeen"

Ifan saat kampany Pilpres 2014 (Foto: instagram)

Ifan Seventeen sempat mencicipi dunia politik. Pemilik nama asli Riefan Fajarsyah tersebut tercatat sebagai Calon Anggota DPR fraksi Partai Gerindra dari daerah pemilihan DIY pada 2014. Namun, Ifan gagal melenggang ke Senayan.

6. Andika "Kangen Band"


Di sela aktivitasnya bersama Kangen band, Andika Maesa ikut berpolitik dengan bergabung dengan partai politik. Ia didapuk sebagai Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya DPD Partai Demokrat Lampung.



 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

6 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA