8 Musisi Meninggal karena Bunuh Diri di Tahun 2017

Cecylia Rura    •    23 Desember 2017 10:24 WIB
kaleidoskop 2017
8 Musisi Meninggal karena Bunuh Diri di Tahun 2017
Chris Cornell dan Chester Bennington akhiri hidup dengan bunuh diri (Foto: youtube)

Jakarta: Keputusan Kim Jonghyun SHINee mengakhiri hidupnya membuat panggung hiburan berkabung di penghujung tahun sekaligus mengagetkan publik. Jonghyun adalah salah satu pentolan boyband SHINee yang patut diperhitungkan eksistensinya dalam dunia Kpop.

Kematian Jonghyun menambah daftar panjang musisi yang mengakhiri hidupnya sepanjang tahun 2017. Penyebabnya didominasi oleh depresi dan tekanan yang diderita. Bahkan secara tidak terduga kepergian mereka pun ada yang sudah direncanakan.

Kilas balik menjelang akhir tahun 2017, berikut Medcom.id rangkum daftar musisi yang memutuskan untuk bunuh diri.

1. Butch Trucks

Penabuh drum band rock The Allman Brothers, Butch Truck mengakhiri hidupnya pada 24 Januari 2017 sekitar pukul 6 sore. Pemilik nama lengkap Claude Hudson Trucks ini bunuh diri di usia 69 tahun dengan cara menembak kepalanya dengan pistol, di mana saat itu istri muda Butch, Melinda berdiri tak jauh darinya. Diberitakan Pitchfork, saat itu mereka berada di kondominium Palm Beach Barat. Digital Music News melaporkan, penyebab Butch bunuh diri akibat terlilit utang.

2. Chris Cornell

Duka teramat dalam menyelimuti industri musik saat Chris dikabarkan bunuh diri pada 18 Mei 2017. Solois sekaligus pentolan grup band rock Soungarden dan Audioslave ini mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di kamar mandi hotel MGM Grand Detroit. Jasad Cornell tergeletak dengan sebuah pita di area leher. Menurut laporan The Detroit News, Cornell mengakhiri hidupnya setelah manggung di pada Rabu malam, 17 Mei 2017 sekitar pukul 11 malam. Kepergian Cornell yang mendadak mengejutkan orang sekitarnya termasuk keluarga. Beberapa media memberitakan Cornell diduga mengalami depresi.

3. Chester Bennington

Seolah menyusul sahabat karibnya, vokalis Linkin Park Chester Bennington mengakhiri hidupnya selang beberapa bulan setelah Cornell. Bennington ditemukan tak bernyawa di kediamannya di California, Los Angeles pada Kamis, 20 Juli 2017. Benington dikabarkan bunuh diri karena mengalami depresi berat. Ia juga memiliki masa lalu kelam bahkan dikabarkan sempat mengalami pelecehan seksual di masa kecilnya.

4. Jared McLemore

Nama McLemore begitu asing di jagad hiburan internasional. Namun, musisi asal Memphis ini mendadak terkenal setelah merekam aksi bunuh dirinya melalui streaming Facebook. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa McLemore tak tertolong. Dalam video tampak McLemore menyiram tubuhnya dengan minyak tanah sebelum menyalakan pemantik api. Aksinya dilakukan di luar bar tempat mantan kekasihnya bekerja. Dilaporkan Independent, McLemore ingin mengucapkan selamat tinggal kepada mantan kekasihnya, Alyssa Moore. Sebelumnya, McLemore dikabarkan sempat mencekik dan mengancam membunuh Moore. McLemore meninggal pada 13 Mei 2017.

5. Karan Joseph

Karan Joseph dikenal sebagai pianis asal Mumbai. Karan mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari lantai 12 apartemen milik temannya, Rishi Shah di Bandra, Mumbai pada 9 September 2017. Ayah Karan, Thomas Joseph mengatakan Karan pindah dari Bangalore ke Mumbai dan tinggal bersama Shah selama sebulan. Karan diduga depresi setelah dirundung oleh teman sekamarnya, Shah, pengusaha India-Amerika sekaligus CEO dari penerbit Crossbones Media, penerbit majalah musik RAVE.

6. Kim Jonghyun

Anggota boyband SHINee Kim Jonghyun ditemukan tewas di apartemen kontrakannya di kawasan Cheongdam-dong, Seoul, pada Senin, 18 Desember 2017 sekitar pukul 6 sore waktu setempat. Jongyun diduga bunuh diri dengan menghirup zat beracun dari briket batubara yang tengah dipanaskan di atas penggorengan. Jonghyun dikabarkan menderita depresi berkepanjangan. Seolah direncanakan, sebelum mengakhiri hidupnya Jonghyun telah merampungkan pekerjaannya dalam tur konser solo INSPIRED pada 9-10 Desember 2017 di Olympic Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan.

7. Martin Fenderud

Vokalis band metal Kraanium Martin Fenderud memutuskan mengakhiri hidupnya pada Kamis, 20 April 2017 di usia 38 tahun. Kabar kematian Martin tidak begitu diekspose. Berita kematiannya diumumkan melalui Facebook fan page Kraanium.

8. Trish Doan

Band Kittie merasa sangat kehilangan atas kabar kematian bassist Trish Doan pada Senin, 13 Februari 2017 di usia 31 tahun. Trish yang berasal dari Korea Selatan mulai bergabung dengan band metal asal Kanada tersebut pada 2005. Ia sempat memutuskan untuk keluar pada 2007 lalu kembali bergabung pada 2012. Penyebab kematiannya tidak begitu diekspose oleh media. Namun diberitakan oleh Billboard dan NME, Trish sempat mengalami depresi berat. Kematian Trish di usia muda pun menjadi penyebab banyak yang menduga ia melakukan aksi bunuh diri.

 


(ELG)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA