Bermasalah di Tiongkok, Gigi Hadid Mundur dari Peragaan Busana

Arpan Rahman    •    17 November 2017 19:06 WIB
gigi hadid
Bermasalah di Tiongkok, Gigi Hadid Mundur dari Peragaan Busana
Gigi Hadid (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Shanghai: Model termasyhur asal Amerika Serikat (AS), Gigi Hadid, pada Jumat 17 November, menarik diri dari peragaan busana tahunan Victoria's Secret di Shanghai. Gigi mundur setelah sebuah video daring menunjukkan bahwa dia memulas wajahnya dengan gaya bermata sipit hingga memicu kritik di Tiongkok.

Pengumuman tersebut merupakan kendala kedua yang memukul pertunjukan pakaian dalam A-list buatan AS yang dijadwalkan pada Senin, menyusul laporan bahwa tiga model Rusia dan satu asal Ukraina gagal mendapatkan visa Tiongkok.

Hadid menempati posisi kelima dalam daftar model wanita dengan bayaran tertinggi di Forbes tahun lalu dengan harga USD9 juta. Ia mulanya bersemangat mengumumkan keikutsertaannya dalam pertunjukan tersebut, pada Agustus.

Gigi tidak memberi alasan atas pengunduran dirinya.

"Saya sangat kecewa sehingga saya tidak bisa masuk ke Tiongkok tahun ini," kata model berusia 22 tahun di Twitter.

"Saya cinta keluarga besar VS (Victoria's Secret), dan beserta semua model akan tetap semangat!" cuitnya seperti dinukil AFP, Jumat 17 November 2017.

Penarikan diri Hadid mencegah bencana humas potensial bagi Victoria's Secret. VS awalnya berharap bisa menopang penjualan yang kendur dengan mendorong pasar pakaian dalam Tiongkok yang tumbuh.

Perusahaan ini membuka toko andalan pertamanya di Tiongkok tahun ini. Peragaan Senin adalah yang pertama diadakan di luar AS atau Eropa.

Pengguna internet Tiongkok mengecam Hadid sesudah kakaknya Bella -- satu dari tiga lusin atau lebih model yang diharapkan tampil di Shanghai -- memajang video Instagram pada Februari. Tayangan menunjukkan Gigi menyipitkan matanya saat memegang kue berbentuk Budha.

Setelah Hadid mengumumkan pada Agustus bahwa dia akan datang ke Shanghai, banyak orang Tiongkok menuduh dia melakukan tindakan rasisme dan memperingatkannya agar menjauh.

Dia mengirim permintaan maaf dua bahasa di Twitter Tiongkok seperti Weibo pada 1 September. Menyampaikan "rasa hormat dan cintanya kepada orang-orang Tiongkok" dan bersumpah bahwa dia tidak bermaksud jahat, tapi bahkan maaf itu menjerumuskannya.

Juru bicara Victoria's Secret menolak berkomentar saat ditanya AFP apakah Hadid menarik dirinya sendiri, diminta oleh perusahaan tersebut, atau apakah pihak berwenang Tiongkok yang menerapkan tekanan.

Tidak diundang

Sebagian besar komentar Weibo Tiongkok tentang mundurnya Gigi berupa sebuah perayaan.

"Tiba-tiba saya memiliki perasaan yang lebih baik tentang VS. Jika dia datang, saya tidak akan pernah membeli VS seumur hidup saya," kata seseorang memposting.

Namun, orang lain menyesal, terutama setelah permintaan maaf dari Hadid.

"Sayang sekali, saya sangat menyukainya," kata yang lain.

Spekulasi juga beredar mengenai partisipasi Julia Belyakova dari Rusia, Kate Grigorieva, dan Irina Sharipova, serta Dasha Khlystun dari Ukraina, setelah laporan yang belum dikonfirmasi menunjukkan bahwa visa Tiongkok mereka ditolak.

Juru bicara Victoria's Secret tidak mau berkomentar.

"Itu urusan dari masalah pemerintah Tiongkok. Victoria's Secret tidak akan mengomentari itu," kata juru bicara tersebut.

Tidak jelas apakah Bella Hadid masih akan hadir dan juru bicara tersebut merujuk semua rentetan pertanyaan kepada agensi individual masing-masing.

Pertunjukan tahunan, yang dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia, menampilkan model utama planet ini, termasuk Adriana Lima, Alessandra Ambrosio, Jasmine Tookes, dan Lais Ribeiro.

Akan direkam Senin dan mengudara secara global pada 28 November.

Hadid bergabung dengan daftar warga asing yang tidak menerima sambutan di Tiongkok.

Pemain sepak bola internasional Argentina Ezequiel Lavezzi, yang bermain untuk klub China Hebei China Fortune, meminta maaf pada Mei. Itu dilakukannya setelah foto publisitas yang menunjukkan wajahnya menarik sudut matanya dengan gerakan bermata sipit yang membuat marah banyak orang. Dia masih bermain di klub ini.

Senada tokoh lainnya, termasuk penyanyi Bjork, Elton John, dan Lady Gaga, serta aktor Richard Gere dan Sharon Stone. Mereka dilarang atau diserang karena kata-kata atau tindakan yang dianggap mengkritik Tiongkok mengenai topik sensitif seperti kemerdekaan Tibet dan hak asasi manusia.



 


(ELG)