Sineas Angga Sasongko Bakal Sokong Kampanye Caleg Perempuan Progresif

Purba Wirastama    •    18 Desember 2018 16:42 WIB
angga dwimas sasongkoSeleb Bicara Pilpres 2019
Sineas Angga Sasongko Bakal Sokong Kampanye Caleg Perempuan Progresif
Angga Dwimas Sasongko. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Angga Dwimas Sasongko, sineas di balik perusahaan produksi Visinema Pictures, hendak berpartisipasi lebih jauh dalam bidang politik pemerintahan. Dia menyatakan akan menyumbang 5% dari tabungan dan penghasilan selama 2018 untuk biaya kampanye calon anggota legislatif (caleg) perempuan yang disebutnya "progresif".

Rencana ini diumumkan lewat postingan Instagram di akun pribadinya pada Selasa pagi, 18 Desember 2018. Angga menyebut dua nama perempuan anggota legislatif di AS, Alexandria Ocasio-Cortez dan Ilhan Omar, sebagai tipikal politisi yang hendak dia dukung.

Menurut Angga, kedua politisi itu terbukti memiliki gerakan dan pemikiran penting tentang inklusifitas, layanan kesehatan, imigrasi, dan perubahan iklim. Mereka juga disebut punya riwayat karier politik dari akar rumput dan bukan sekadar "modal jempol di media sosial".

"Saya mau menyumbangkan 5% dari tabungan dan penghasilan saya pada 2018," tulis Angga, "untuk biaya kampanye kepada caleg perempuan yang punya kualitas kepemimpinan, platform ideologi jelas, substansial, dan progresif seperti Alexandria Ocasio-Cortez dan Ilhan Omar di AS.

"Ada calon? Mohon kabari dan kirim manifesto politiknya," lanjut Angga. Dia mencantumkan alamat surelnya untuk menerima informasi tersebut.

View this post on Instagram

Saya mau menyumbangkan 5% dari tabungan dan penghasilan saya di 2018 untuk biaya kampanye ke Caleg perempuan yang punya kualitas leadership, platform ideologi yang jelas, substansial dan progresif seperti Alexandria Ocasio-Cortez @ocasio2018 dan Ilhan Omar @ilhanmn di US.  Ada calon? Mohon kabari dan kirim manifesto politiknya angga@visinemapictures.com --- (Dari Ocasio dan Ilhan, dengan mudah kita bisa tau dan menelisik gerakan dan pemikiran mereka tentang inklusifitas, healtcare, imigrasi, climate change. Isu2 penting buat dunia hari ini. Dan catatan mereka membangun karir politik dari grass root. Bukan modal jempol di sosial media) Kita perlu kirim perempuan - perempuan progresif masuk ke DPR. Yang selalu saya percaya sejak melakukan perjalanan buat World Bank untuk proyek mikro kredit 8 tahun lalu; Si 'satria peningit' adalah perempuan Indonesia. Who's with me? Donate your 5% for political progressive movement.

A post shared by Angga Dwimas Sasongko (@anggasasongko) on




Angga juga bercerita, dia yakin bahwa "satria piningit" Indonesia adalah perempuan dan bukan lelaki. Satria piningit, yang secara harfiah berarti "ksatria tersembunyi", adalah sosok dalam Ramalan Jayabaya (mitologi Jawa) yang dipercaya akan datang dan menjadi pemimpin besar.

"Yang selalu saya percaya, sejak melakukan perjalanan buat World Bank untuk proyek kredit mikro delapan tahun lalu, si 'satria piningit' adalah perempuan Indonesia," tulisnya.

Medcom.id telah menghubungi Angga untuk mendapatkan cerita lebih lanjut. Barangkali ini pertama kali di Indonesia, produser film menyatakan secara terbuka dukungan finansialnya terhadap calon politisi.

 


(ELG)