Seruan Leonardo DiCaprio Mendukung Petisi Penyelamatan Leuser

Sri Yanti Nainggolan    •    03 November 2016 19:42 WIB
leonardo dicaprio
Seruan Leonardo DiCaprio Mendukung Petisi Penyelamatan Leuser
Leonardo DiCaprio (Foto: wenn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio mencuitkan dukungannya terhadap Gerakan Rakyat Aceh Menggugat (GeRAM) untuk menyelamatkan kawasan ekosistem Leuser. Peraih Piala Oscar itu memberikan dukungan lewat akun media sosialnya.

Leonardo mengajak pengikutnya untuk mendukung petisi di laman www.change.org/SaveLeuser. Petisi itu sudah meraih 70 ribu tanda tangan. Hari ini, GeRAM baru saja mendatangi Kantor Staf Presiden untuk beraudiensi terkait kondisi Kawasan Ekosistem Leuser.

"Selama setahun terakhir, sebuah gerakan yang digalang oleh komunitas masyarakat Aceh berupaya mendorong agar pemerintahnya menghentikan kerusakan yang terjadi di Kawasan Ekosistem Leuser, sebuah tempat terakhir di dunia di mana orangutan, badak, harimau dan gajah Sumatera hidup bersama di alam liar," tulis Leonardo seperti siaran pers yang diterima Metrotvnews.com.

GeRAM juga mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, menggugat Mendagri, Gubernur Aceh, dan Ketua DPR Aceh karena tidak memasukkan nomenklatur Kawasan Ekosistem Leuser dalam Qanun Aceh No 19 Tahun 2013 Tentang RTRW Aceh. Putusan pengadilan terkait gugatan ini akan diumumkan pada Selasa, 8 November 2016



"Dengan segera keluarnya putusan pengadilan, mari bergabung bersama saya mendukung penyelamatan ekosistem Leuser. Tandatangani petisinya di Change.org/SaveLeuser," lanjutnya.

Leonardo DiCaprio juga memposting foto dari anggota Gerakan Rakyat Aceh Menggugat (GeRAM) di depan sebuah poster tentang penyelamatan hutan Kawasan Ekosistem Leuser. Seperti diketahui, DiCaprio sangat peduli dengan hutan Sumatera dan sempat mengunjungi Leuser bulan Maret lalu.

"Kami menyerahkan 60 ribuan lebih tanda tangan petisi ke Presiden Joko Widodo hari ini untuk menunjukkan besarnya perhatian masyarakat terhadap masalah ini," kata Dahlan M. Isa dari GeRAM.



Petisi penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser dalam bahasa Indonesia dan komentar-komentar terkait dapat dilihat www.change.org/LindungiLeuser. Dalam petisinya GeRAM mendesak Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri, Gubernur Aceh dan Ketua DPR Aceh memperbaiki Qanun Aceh No.19/2013 untuk selamatkan Leuser.

"Saat ini ada 93 perusahaan di wilayah Kawasan Ekosistem Leuser—menguasai 351,000 hektar lahan. Tidak dimasukannya KEL ke dalam target perlindungan berdampak langsung terhadap kekayaan biodiversity di dalam dan sekitar kawasan, juga akan berpengaruh terhadap kualitas 24 sungai yang menjadi sumber air bersih, irigasi dan tatanan kehidupan rakyat Aceh," kata Zensi Suhadi, Departemen Kajian, pembelaan dan hukum lingkungan, Eksekutif Nasional Walhi.

 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA