Leonardo DiCaprio Kecewa pada Keputusan Iklim Trump

   •    06 Juni 2017 07:00 WIB
leonardo dicaprio
Leonardo DiCaprio Kecewa pada Keputusan Iklim Trump
(Foto: Gazettereview)

Metrotvnews.com, Jakarta: Leonardo DiCaprio menjadi salah satu yang mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menarik diri dari Perjanjian Paris (Paris Agreement). Aktor yang juga Duta PBB untuk Perubahan Iklim itu segera mengeluarkan kecaman lewat akun Instagram dan Facebook miliknya.

"Hari ini masa depan planet kita terancam oleh keputusan ceroboh Presiden Trump untuk menarik AS dari Perjanjian Paris. Masa depan kita di planet ini sekarang lebih terancam. Untuk seluruh warga AS dan semua komunitas yang berharap kepemimpinan kuat di isu perubahan iklim, tindakan (Trump) ini sangat mengecewakan," tulis aktor pemenang piala Oscar 2016 itu.

Leo menyeru kepada warga dunia untuk menaruh perhatian lebih terhadap masalah perubahan iklim. Ia juga menantang para pemimpin yang tidak percaya kepada bukti-bukti ilmiah. Tak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat mendukung berbagai organisasi pejuang lingkungan.

Perjanjian iklim Paris atau yang diramaikan dengan tagar #Parisagreement di media sosial merupakan perjanjian iklim komprehensif pertama di dunia yang dicapai pada 2015, dengan tujuan utama menjaga kenaikan temperatur global di bawah 2' C (3,6' F) atau berupaya membatasi kenaikan temperatur pada 1,5' C di atas tingkat praindustri.

Namun, Perjanjian Paris hanya dapat berlaku setelah diratifikasi 55 negara.

Pada September 2016, Barack Obama menyetujui keterlibatan AS dalam kesepakatan tersebut.

Anggota G-7 berkeinginan agar AS terus menjaga komitmen mengingat 'Negeri Paman Sam' menyumbang sekitar 15% emisi karbon global atau penghasil gas rumah kaca terbesar kedua setelah Tiongkok.

Kontradiktif

Leo memang pantas kecewa karena sebelumnya sudah banyak melakukan upaya untuk mengubah pandangan Trump. Sejak masa kampanye, Trump berucap tidak memercayai perubahan iklim.

Dilansir dari Vanityfair.com, pada Desember 2016 Leonardo bertemu Trump dalam upaya terakhirnya menyeru kepada presiden mengenai seriusnya perubahan iklim. Namun, Trump bergeming.

Di sisi lain, bukan hanya Trump yang banjir kritikan soal lingkungan. Leo sendiri kerap dinilai ironis karena gaya hidupnya 'boros' energi.

Dengan menjadi aktor papan atas sejak membintangi Titanic  pada 1997, Leo dikenal sebagai pribadi glamor yang senang bepergian menggunakan pesawat jet pribadi.

Pada 2014, pria kelahiran 11 November 1974 itu dianggap kelewatan karena menggunakan pesawat jet 6 kali dalam 6 minggu hanya untuk bepergian antara New York dan Los Angeles.

Namun, tidak jarang pula Leo bepergian lintas benua untuk masalah lingkungan, termasuk saat berkunjung ke Aceh, tahun lalu. (MI/Melati Salamatunnisa)


(DEV)

Adrian Yunan Merajut Asa

Adrian Yunan Merajut Asa

6 days Ago

Sore itu Adrian membagikan kisah lewat lagu yang terangkum dalam album debutnya, Sintas.

BERITA LAINNYA