Sambangi Indonesia, Akon Bangun Instalasi Listrik untuk Suku Anak Dalam

Agustinus Shindu Alpito    •    08 Maret 2017 19:08 WIB
akon
Sambangi Indonesia, Akon Bangun Instalasi Listrik untuk Suku Anak Dalam
(Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Akon tampil di Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017). Penyanyi asal Amerika Serikat itu membawakan tiga lagu dalam mini konser di Kementerian Sosial, yaitu lagu Right Now (Na Na Na)Lonely, dan Smack That.

Kehadiran Akon ke Indonesia bukan untuk urusan musik, dia datang ke sini untuk mewujudkan misi memberi instalasi listrik kepada desa tertinggal.

Daerah yang menjadi sasaran program bernama "Akon Lighting" itu adalah suku Anak Dalam yang terletak di pedalaman Sumatera.

“Kami sangat berkomitmen (membantu lewat program Akon Lighting). Dan dua kementerian ini akan mengerjakannya dengan sangat serius. Orang-orang sudah seharusnya membantu satu sama lain sekarang. Jika kalian berada di posisi yg sudah beruntung seperti diriku, dosa jika tidak turut membantu orang lain mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kita memberikan komitmen seribu persen untuk memastikan bahwa program ini berjalan dengan lancar," kata Akon saat jumpa pers di Kementerian Sosial.

Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, persoalan yang selama ini terjadi adalah sulitnya mengaliri listrik ke pemukiman suku Anak Dalam dan orang rimba. Posisi tempat tinggal mereka yang berpindah-pindah dan terletak di tengah hutan membuat pemerintah menghadapi tantangan dalam membangun sarana listrik.

Melalui "Akon Lighting," tim khusus akan dibentuk untuk membangun instalasi listrik berbasis tenaga surya, sehingga masyarakat suku Anak Dalam tidak harus membayar listrik, dan tidak perlu kabel listrik yang panjang dari tiang listrik induk di luar hutan.

“Untuk suku Anak Dalam proses transisinya (untuk pindah ke tempat tinggal tetap) bisa sampai dua tahun, jadi mereka sebelum masuk hunian tetap, mereka akan masuk sodung-sodung. Sodung itu adalah tenda yang tidak ada penutup kanan dan kirinya,” kata Khofifah.

Kementerian Sosial sendiri sudah dua tahun mengirim guru ke masyarakat suku Anak Dalam. Saat ini, mereka butuh listrik untuk menunjang kehidupan mereka.

"Akon Lighting" sendiri sudah berkarya di 22 negara, termasuk di Afrika. Program ini memang fokus membangun instalasi listrik berbasis tenaga surya.


(DEV)

Menantang Gitar Kelas Dunia

Menantang Gitar Kelas Dunia

16 hours Ago

Tiba-tiba Buddy Blaze kunjungi Sidoarjo, Jawa Timur. Bukan ingin melihat 'lumpur lapindo…

BERITA LAINNYA