Mengenal Industri Helikopter Komersial Indonesia lewat Komik Bingo

Elang Riki Yanuar    •    20 Juni 2017 15:22 WIB
komik
Mengenal Industri Helikopter Komersial Indonesia lewat Komik Bingo
Komik Bingo (Foto: dok. kosmik)

Metrotvnews.com, Jakarta: Profesi pilot helikopter masih kurang populer di Indonesia. Sebuah komik berjudul Bingo mencoba mulai memperkenalkan profesi ini.

Komik Bingo dibuat oleh Cessa Lafalika dengan bantuan Dimas Khairi Farhan (25) sebagai narasumber. Dimas adalah seorang pilot helikopter di salah satu perusahaan penyedia jasa layanan helikopter komersial. Lulus dari Bristow Academy di Amerika Serikat, Dimas sudah tujuh tahun menggeluti profesi sebagai pilot.

Komik Bingo mengisahkan tentang perjalanan karier seorang pilot perempuan bernama Aviati. Tidak hanya mengungkapkan serba-serbi dunia industri helikopter komersial, komik ini juga terdapat tarik menarik kepentingan berbagai pihak yang mewarnainya.

Melalui komik Bingo ini, Dimas dan Cessa ingin memperkenalkan industri jasa helikopter komersial kepada masyarakat luas. Keunggulan helikopter sebagai maskapai tak berjadwal dan dapat menjangkau daerah dengan rute yang terjal, dinilai sangat cocok menyelesaikan masalah transportasi untuk wilayah Indonesia yang berpulau-pulau.

"Tampaknya pekerjaan pilot helikopter yang tidak begitu populer di Indonesia. Tidak banyak anak Indonesia yang tahu bahwa pekerjaan sebagai pilot helikopter itu ada. Sekolah penerbangan khusus helikopter di Indonesia juga belum ada. Akibatnya jumlah pilot helikopter di Indonesia terbilang sedikit, hanya sekitar 400-an orang. Itu pun 75 persennya sudah harus segera masuk masa pensiun," kata Dimas dalam keterangan tertulisnya.

Istilah "Bingo" sendiri berarti alarm darurat yang menyala ketika terjadi kehabisan bahan bakar. Istilah ini dipilih untuk menunjukkan berbagai konflik dan kondisi darurat yang mewarnai komik ini.

Dengan hadirnya komik ini, diharapkan semakin banyak anak muda yang tertarik menjadi pilot helikopter. Dia juga berharap banyak pihak makin percaya menggunakan helikopter dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Komik Bingo terbit bulanan dalam majalah komik KOSMIK Second Orbit. Komik ini direncanakan terbit setidaknya dalam tiga volume.


 


(ELG)