Livestreaming

Survei KPI: Mata Najwa Talkshow Paling Berkualitas

Elang Riki Yanuar    •    24 Agustus 2016 12:47 WIB
mata najwa
Survei KPI: Mata Najwa Talkshow Paling Berkualitas
Najwa Shihab host Mata Najwa( MI/SUMARYANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melakukan survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan 12 perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu kategori program yang disurvei adalah talkshow. Hasilnya, Mata Najwa di Metrotv menjadi program talkshow paling banyak ditonton pemirsa dengan jumlah 66,3 persen. Di tempat kedua ada Indonesia lawyers Club (63,5%), dam Mario Teguh Show (53,9%).

Tak hanya dari segi pemeringkatan, Mata Najwa juga menjadi program talkshow paling berkualitas. Indeks kualitas program acara Mata Najwa meraih angka tertinggi di antara program lain yaitu, 3,99. Diikuti program Aiman dengan nilai 3,83. KPI menetapkan indeks 4 sebagai standar kualitas baik untuk setiap program.

Selain talkshow, survei juga mencangkup program berita, program infotainment, sinetron, program anak-anak, variety show, program komedi, program religi, dan program wisata budaya.

Dari kategori program berita, program 360 di Metro Tv meraih indeks 3,91 dan menduduki posisi tiga teratas program berita berkualitas.

Di sisi lain, survei ini menunjukkan program sinetron dan infotainment mendapat nilai indeks paling rendah. Program ini mendapat indeks di bawah tiga. Program sinetron meraih indeks 2,94, sedangkan program infotainment mendapat indeks 2,52.

Dengan hasil Survei Indeks Program Siaran Televisi, Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis berharap ini dapat dijadikan rujukan oleh para pengiklan dalam penempatan iklan-iklan produknya di program televisi.

"Kami tentunya berharap, program-program siaran yang berkualitas dapat didukung dengan iklan-iklan yang dapat menjaga kesinambungan program tersebut," kata Andre seperti dikutip dari situs KPI.

 


(ELG)