Rio Dewanto Siap Pentaskan Drama Musikal

Retno Hemawati    •    06 Oktober 2016 08:37 WIB
rio dewanto
Rio Dewanto Siap Pentaskan Drama Musikal
(Dok.MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktor Rio Dewanto, 29, akan menjajal kemampuannya dalam sebuah drama musikal Khatulistiwa Jejak Langkah Negeriku yang akan dipentaskan 19-20 November 2016 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Dia akan melakonkan dua peran sekaligus, raja di Negeri Toba, Sisingamangaraja XII, dan pelopor pendidikan para pribumi, Ki Hajar Dewantara.

Dia mengaku sangat stres setelah melewati sebulan latihan rutin yang dilakoninya.

"Kalau latihan, kelihatan stresnya. Teater, menurut saya, berbeda dari segi persiapan. Sebaliknya, justru ketika pentas ialah masanya bersenang-senang," kata dia membuka perbincangan dengan Media Indonesia di Jakarta, pekan lalu.

Dia menjelaskan bersenang-senang yang dimaksudkan karena pentas berarti seorang pemeran telah melampaui banyak persiapan.

"Dengan ilmu yang sudah kita punya, analisis yang kuat, ya sudah tinggal senang-senag di atas panggung, di depan audiens. Kita tinggal memperlihatkan apa yang kita punya."

Pemeran Hafez dalam film Cinta Selamanya itu kemudian bercerita pada saat latihan, dia dan pemain lainnya sering secara tidak sengaja memperlihatkan wajah-wajah yang bingung.

"Karena kami masih menganalisis dan terus mencari. Proses latihan itu yang kita manfaatkan sebagai proses pencarian, pembongkaran diri, pendalaman karakter, mencari suara terbaik, jadi justru kerja kerasnya saat latihan," paparnya.

Suami Atiqah Hasiholan itu juga mengakui, meski telah mempunyai banyak bekal di dunia seni peran, mengambil bagian dalam pentas teater apalagi untuk kali pertama tetap perlu banyak belajar.

Dia berusaha menempatkan diri untuk belajar kembali dari awal ketika memasuki sebuah peran yang baru.

Dunia seni peran di film sangat berbeda dengan drama musikal.

"Masih banyak yang kurang meksipun bekal sudah ada, cukup banyak, cuma ketika pelajari satu karakter lagi, itu dunia yang berbeda. Saya harus menerima informasi baru untuk membentuk karakter lagi," ucapnya.

Dia mengaku, bermain teater yang kebetulan akan melibatkan 100 pemain ini di luar zona nyamannya.

"Kalau di film, sudah sangat nyaman, tapi bukan berarti enggak ada tantangan ya, karena sebagai aktor itu paling seru ialah selalu mempelajari karakter manusia yang baru," katanya.

Didukung istri

Rio kemudian bercerita, sang istri yang lebih dulu bermain teater (Jamila dan Sang Presiden) sangat mendukungnya.

"Sebenarnya dia juga ingin ambil bagian, tapi secara waktu tidak mungkin. Namun, kalau ditanya punya minat ke sana, itu sudah pasti," katanya.

Pasangan itu juga berniat untuk membuat panggung teater kecil di kediamannya yang berada di kawasan Bukit Duri, Kampung Melayu. Saat ini, menurutnya, sudah ada sanggar.

"Agar lebih produktif, panggung kecil itu untuk pementasan mini. Tujuan lain ialah untuk menghidupkan kelompok teater Satu Merah Panggung bersama ibu mertua (Ratna Sarumpaet)," tutup Rio yang saat ini disibukkan dengan kedai kopi dan rencana untuk membuat talkshow tentang komoditas.


(DEV)

Ketika Slank Terjebak di Dimensi Lain

Ketika Slank Terjebak di Dimensi Lain

1 day Ago

Saat ini, Slank resmi berusia 33 tahun. Rasanya, masih relevan menyebut Slank sebagai satu dari…

BERITA LAINNYA