Dosa Orde Baru Menurut Indro “Warkop”

Purba Wirastama    •    10 Januari 2018 12:53 WIB
hoax
Dosa Orde Baru Menurut Indro “Warkop”
Indro dalam acara diskusi otomotif, September 2017 (Foto: Castrol)

Jakarta: Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, ada kekhawatiran bahwa kontestasi politik ini akan dipenuhi lebih banyak kampanye hitam dengan isu SARA, kebencian, dan kabar bohong atau hoax. Aktor dan selebritas Indro "Warkop" punya pandangan bahwa situasi kacau ini merupakan dosa peninggalan orde baru.

"Memang kita tidak terbiasa hal-hal seperti ini (kebebasan bicara). Selama 32 tahun kita dibuai, ditakut-takuti. Sekarang ketika itu lepas, semuanya jadi jago, sok jagoan. Semuanya jadi merasa bisa menguasai sesuatu," kata Indro kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kurun waktu 32 tahun yang dimaksud Indro adalah Indonesia dalam era kekuasaan Presiden Soeharto, atau lebih dikenal sebagai Orde Baru. Dia memerintah dari tahun 1966 dan lengser pada 1998 diikuti reformasi. 

"Menurut saya ini bukan tanpa sebab. Ini sebab orde baru. Orde baru, kita enggak bisa omong apa-apa, enggak ada yang berani omong. Ketika sekarang terbuka, semua omong apa-apa, non sense," tutur Indro.

"Omongan enggak bisa dipertanggungjawabkan. Ya inilah kebodohan kita. Mohon maaf, saya harus bilang maaf karena mengakui itu," imbuhnya.

Indro adalah pria kelahiran Purbalingga 1958 yang aktif di dunia media dan hiburan sejak tahun 1970-an. Dia menjadi penyiar radio, seniman komedi, serta aktor yang dikenal publik luas lewat puluhan film Warkop DKI bersama Dono dan Kasino.

Indro berharap masyarakat bisa semakin dewasa dalam berpendapat dan berpolitik. Menurutnya, salah satu bentuk kedewasaan adalah mengejar suatu keinginan tanpa membuat resah orang lain.

"Saya punya keinginan, tapi saya enggak boleh bikin resah orang. Dari dulu, jaman orang belum teriak-teriak, kami sudah teriak-teriak, kami sudah berurusan dengan aparat. Sekarang kan enggak ada urusan dengan aparat. Berurusan dengan aparat karena ramai-ramai," ujar Indro.

"Kami berurusan tapi kami memikirkan, orang resah enggak kalau kami lontarkan itu? Ini sekarang enggak. Orang hanya ingin diakui keinginannya, tapi dia enggak tahu dia akan membuat resah orang. Menurut saya, ya pandai-pandailah," tukasnya.

Sejak 2010, Indro kembali aktif bermain film layar lebar. Terakhir dia muncul sebagai cameo di Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! produksi Falcon Pictures. Dia dan Tora Sudiro sedang mengerjakan proyek film terbaru berjudul Gila Lu, Ndro!




(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA