Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 Siap Digelar

Sri Yanti Nainggolan    •    26 Oktober 2016 20:41 WIB
festival dongeng
Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 Siap Digelar
Jumpa pers Festival Dongeng (Foto: Metrotvnews/Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) kembali diadakan pada 5 dan 6 November 2016 di Museum Nasional, Jakarta. Acara yang digelar atas kerja sama antara Bintang Nutricia dan komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya peran orang tua pada masa pertumbuhan anak, terutama dalam sisi pendidikan.

"Kami harap acara ini dapat memperkenalkan kebaikan dongeng serta mengembangkan dan memperluas minat masyarakat terhadap kegiatan mendongeng," kata Ariyo Zidni selaku ketua penyelenggara dalam konfrensi pers FDII 2016, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Pria yang biasa disapa Kak Aio tersebut menuturkan bahwa ajang bertaraf internasional tersebut memgambil tema Cerita Indonesiaku di mana hanya dongeng lokal yang nantinya akan diceritakan di setiap panggung di acara tersebut.

Tujuan dari dari tema itu sendiri adalah untuk menghidupkan kembali tradisi mendongeng dan mempromosikan metode mendidik yang baik dan unik untuk anak serta menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap Indonesia.

"Tema ini diambil dari pengalaman di ajang internasional di mana para pendongeng banyak yang tahu dongeng dunia tapi tak ada yang tahu dongeng Indonesia. Jadi dari sini muncullah ide untuk lebih menyebarkan dongeng lokal dengan cara membawa pendongeng lokal ke luar negeri untuk bercerita dan mengundang pendongeng sari luar negeri untuk mendengar dongeng kita," papar Kak Aio.

Selain diramaikan oleh para pendongeng lokal seperti Agus PM Toh dari Aceh, I Made Taro & Gede Tarmada dari Bali, Rona Mentari dari Yogyakarta, serta beberapa pendongeng kawakan lainnya, FDII 2016 akan kedatangan beberapa pendongeng internasional seperti Seung Ah dari Korea Selatan, Sheila Wess dari Singapura, Craig Jenkins dari Inggris, dan pendongeng-pendongeng terkemuka lain dari luar negeri.

"Para pendongeng internasional ini akan bercerita dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh para pendongeng lokal sehingga intonasi suara dan mimik muka tak akan datar saja," jelas Kak Aio.

Tak hanya anak-anak yang akan bersenang-senang dalam acara tersebut, orang tua pun bisa ikut belajar bagaimana cara mendongeng dengan interaktif dan efektif melalui workshop Kelas Dongeng sekaligus menambah dan memperdalam pemahaman dan tentang dongeng. Bahkan, anak pun bisa ikut belajar cara mendongeng melalui prakarya yang akan mereka buat dalam workshop tersebut.

FDII 2016 akan dilakukan di beberapa kota besar seperti Bogor (11/11/2016), Bandung (13/11/2016), Malang (19/11/1016), Surabaya (20/11/2016), Poso (18-19/11/2016), Yogyakarta (26/11/2016), dan Maluku (17-28/11/2016).




(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA