Madonna Bangun Fasilitas Medis di Malawi

Putri Rosmala    •    10 Juli 2017 10:46 WIB
madonna
Madonna Bangun Fasilitas Medis di Malawi
(Foto: Us Magazine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Madonna, melalui yayasan yang dirintisnya, Raising Malawi, baru saja meresmikan sebuah fasilitas medis untuk kepentingan sosial di Malawi.

Fasilitas yang terletak di Rumah Sakit Queen Elizabeth itu diberi nama sesuai nama sang putri, Mercy James Institute for Pediatric Surgery and Intensive Care.

Ia menjelaskan bahwa fasilitas itu akan difungsikan sebagai pusat layanan bedah dan perawatan intensif untuk anak-anak.

"Ini akan membantu Rumah Sakit Queen Elizabeth agar bisa menangani operasi pada anak-anak dalam jumlah yang lebih banyak lagi setiap tahunnya, serta membantu lebih banyak anak-anak yang tengah berada dalam masa kritis seusai operasi bisa bertahan hidup," ungkap Madonna, seperti dilansir Dailymail.co.uk, kemarin.

Fasilitas itu juga akan dijadikan sebagai pusat pelatihan untuk tenaga medis di Afrika Selatan, terutama untuk mendidik dokter lokal dalam menangani operasi pada anak-anak.

Pendirian fasilitas kesehatan itu tidak lepas dari latar belakang anak-anak adopsi Madonna. Ikon pop berusia 58 tahun tersebut merupakan seorang ibu dari enam anak. Empat dari enam anaknya merupakan anak adopsi yang berasal dari Malawi. Mereka ialah David Banda, 11, Mercy, 11, serta si kembar Esther dan Stella, 4.

Perempuan bernama lengkap Madonna Louise Ciccone tersebut mengatakan, dalam sebuah pernyataan bahwa negara Afrika Timur telah 'memperkaya' keluarganya di luar imajinasinya.

Pembangunan fasilitas itu dikatakannya juga bertujuan agar anak-anaknya terus memiliki kedekatan dengan negara asal mereka.

"Penting bagi saya untuk memastikan semua anak saya dari negara tersebut tetap memiliki hubungan yang kuat dengan negara kelahiran mereka, serta untuk menunjukkan kepada mereka bahwa bersama-sama, manusia memiliki kekuatan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik," tutur Madonna.

Perwujudan komitmen

Penyanyi Like A Virgin  itu mengatakan, sebagai seorang manusia, sudah seharusnya ia berusaha membantu siapa saja yang membutuhkan.

Dalam hal ini, anak-anak menjadi kelompok yang selalu berhasil membuat Madonna tidak dapat berdiam diri ketika melihat mereka dalam kondisi yang sulit.

"Ketika Anda melihat ke mata anak-anak yang membutuhkan, di mana pun mereka berada, seorang manusia ingin melakukan apa pun yang mereka bisa untuk membantu. Pada kunjungan pertama saya ke Malawi, saya membuat sebuah komitmen bahwa saya akan melakukan hal itu," tuturnya.

Madonna pertama kali mengumumkan proyek pendirian fasilitas medis tersebut pada November 2014.

Ia mengungkapkan sangat berterima kasih kepada banyak pihak yang telah mendukungnya.

Menurutnya, pemerintah Malawi juga turut andil dalam pembangunan fasilitas medis itu.

"Apa yang dimulai sebagai mimpi bagi Malawi dan anak-anak di dalamnya telah menjadi kenyataan. Kami tidak dapat melakukannya tanpa dukungan Anda semua, siapa pun yang membantu atau mendukung saya untuk terus melakukannya," tutup Madonna.


(DEV)