Tulus: Gerakan #BukuUntukIndonesia Bagus Banget!

Gervin Nathaniel Purba    •    26 Mei 2017 07:00 WIB
bukuuntukindonesia
Tulus: Gerakan #BukuUntukIndonesia Bagus Banget!
Tulus (Foto:Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak semua anak mempunyai kesempatan memperoleh buku bacaan. Kondisi tersebut terutama dialami oleh anak yang tinggal di pelosok daerah karena terbatasnya distribusi dan mahalnya harga buku.

Faktor tersebut berkontribusi dalam menyumbang rendahnya angka minat membaca masyarakat Indonesia. Indonesia menduduki peringkat 60 dunia dalam hal kegemaran membaca buku.

Hal ini cukup memprihatinkan, mengingat wilayah Indonesia sangat luas sehingga banyak anak yang tak mendapatkan kesempatan menambah wawasan dan pengetahuan melalui buku bacaan.

Beruntung, sejumlah pihak tergerak melakukan penggalangan buku untuk dibagikan kepada anak-anak di daerah. Salah satunya, gerakan #BukuUntukIndonesia. Gerakan ini bertujuan membagikan buku gratis kepada anak-anak di daerah pelosok.

Munculnya gerakan ini mendapat dukungan dari penyanyi Tulus. Menurutnya, gerakan tersebut sangat penting dalam memajukan pendidikan Indonesia. Jika sudah menyangkut pendidikan, maka itu menjadi tanggung jawab bersama.

"Gerakan ini bagus banget dan memang harus lebih banyak gerakan semacam ini," ujar Tulus kepada Metrotvnews.com.

Penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus ini mengungkapkan, gerakan #BukuUntukIndonesia mengingatkannya akan upaya serupa yang dilakukan bersama teman-temannya.

"Saya juga ada tuh, melakukan yang seperti itu bersama teman-teman saya. Beberapa teman saya bikin gerakan seperti itu. Dia bikin perpustakaan di Rote. Rote itu cukup sulit diakses dari Jakarta," katanya.

Oleh karena itu, Tulus mendukung gerakan #BukuUntukIndonesia. Ia berharap, akan lebih banyak anak di daerah pelosok mendapatkan buku bacaan berkualitas supaya generasi muda bangsa tumbuh cerdas dan berwawasan.

Jika Anda ingin membantu anak-anak di daerah pelosok memperoleh buku berkualitas, Anda dapat terlibat langsung dan berkontribusi melalui gerakan #BukuUntukIndonesia.

Langkah kebaikan ini bisa Anda awali dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu, Anda sudah berpartisipasi mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.


(ROS)