Kadir Mengenang Momen Puasa Bersama Gogon

Cecylia Rura    •    16 Mei 2018 10:16 WIB
artis meninggal
Kadir Mengenang Momen Puasa Bersama Gogon
Gogon (Foto: Media Indonesia/Agus Apriyanto)

Jakarta: Pelawak Kadir bisa dikatakan sebagai saksi hidup Gogon berkarier di panggung Srimulat Indonesia. Mengenal sosok Gogon sejak tahun 90-an saat masih bersama di panggung Srimulat Solo, Kadir paham betul bagaimana kepribadian Gogon.

"Gogon itu orangnya cuek," ungkap Kadir kepada Medcom.id, diakhiri gelak tawa.

"Bersahabat, jarang mandi juga dia. Dia orangnya cuek, tidak urus dengan orang pokoknya. Masa bodoh. Dimarahi sama teman ketawa aja, enggak pernah marah. Enggak tahu dalam hatinya sakit, saya enggak tahu."

Kadir mengenal sosok Gogon sebagai pribadi yang acuh tak acuh dengan urusan orang lain. Maka tidak heran jika sosok pelawak kelahiran Surakarta itu jarang berselisih paham dengan rekan sejawatnya.

"Tapi kalau dimarahi dia diam-diam aja, ketawa aja, cuek orangnya. Jadi, pokoknya enggak urus semua itu, yang penting dia ngurus dirinya sendirilah," imbuh Kadir.


Kenangan bersama Gogon

Sebelum tenar dan mendapatkan panggung di ibu kota, Kadir dan Gogon menghabiskan banyak waktu bersama saat masih di panggung Srimulat Solo. Mereka menggunakan waktu kebersamaan dengan berpuasa dan mengelilingi kota Surakarta.

"Paling diingat itu ya di Solo. Tiap hari jalan, terus puasa, sering puasa sama Gogon. Sering muterin Keraton Mangkunegaran cari wangsit barangkali dapat, terus kita bisa naik kariernya. Terus di Pengging itu kan ada tempat-tempat ziarah. Itu tempatnya Ki Ageng Pengging. Kita sering nyekar ke situ. Melek malam di makamnya, muter-muter nanti setiap ziarah saya sama Gogon datang. Sampai naik ke Gunung Merbabu juga. Masih masa-masa melaratnya. Pokoknya tempat-tempat ziarah, ke makamnya sesepuh-sesepuh di kota Solo."

"Pokoknya ada tempat-tempat dibuat ziarah orang, saya ziarah sama Gogon gitu. Terus puasa Senin-Kamis sama dia," pungkas pelawak bernama lengkap Mubarak itu.

Pelawak Margono alias Gogon dikabarkan meninggal dunia pada Selasa pagi, 15 Mei 2018 pukul 05.00 WIB. Ia meninggal di usia 58 tahun. Saat itu, jenazah Gogon langsung diterbangkan ke kampung halamannya di Desa Pengging, Boyolali, Surakarta, Jawa Tengah.

Jenazah Gogon dikebumikan di kampung halamannya pada Rabu, 16 Mei 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.


 




(ASA)