Anang Hermansyah: Artis Tidak Ada yang Jadi 'Penjahat'

Suci Sedya Utami    •    23 Agustus 2016 15:51 WIB
anang hermansyah
Anang Hermansyah: Artis Tidak Ada yang Jadi 'Penjahat'
Anang (Foto: Metrotvnews/Rodhi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anang Hermansyah mengakui persoalan pajak masih menjadi momok yang menakutkan di kalangan artis. Musisi yang kini menjadi anggota DPR ini pun punya pengalaman buruk terkait pajak.

Anang bercerita, saat masih menjadi suami dari Krisdayanti, dirinya pernah ditagih pajak sebesar Rp650 juta. Ketika bercerai, akun bank miliknya dibekukan. Hal tersebut tentu karena kekurangpahaman pada pajak.

Dia mengatakan, banyak manajemen artis bertanya bagaimana cara dekat dengan otoritas pajak, begitu juga sebaliknya, otoritas pajak dekat dengan artis.

Akibat kurangnya komunikasi antar kedua belah pihak, muncul persepsi yang salah terhadap profesi artis. Karena itu, Anang menjamin, tidak ada artis yang menjadi penjahat dalam soal perpajakan. Mereka selalu taat membayar pajak.

"Maka saya katakan, artis ini enggak ada yang jadi penjahat kok. Kami ingin bantu negara ini dengan baik," kata Anang.

Sebagai bentuk mudah diajak bekerjasama, Anang ikut hadir dalam sosialisasi tax amnesty yang diadakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Ikatan Manager Artis Indonesia, Selasa (23/8/2016).

"Saya minta momen hari ini, bahwa hal-hal yang simpang siur mengenai tax amnesty ini bisa diretas hari ini. Yang punya masalah dengan pajak bisa diselesaikan hari ini. Tapi saya ingatkan, setelah tax amnesty, jangan main-main lagi dengan pajak," jelas Anang.


(ELG)