Dee Lestari Prihatin Banyak Orang Sulit Dapatkan Air Bersih

Sri Yanti Nainggolan    •    19 Agustus 2016 16:23 WIB
dewi lestari
Dee Lestari Prihatin Banyak Orang Sulit Dapatkan Air Bersih
Dewi Lestari (Foto:Antara/Darwin Fatir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewi Lestari mengomentari susahnya mendapatkan air bersih di berbagai daerah, baik perkotaan maupun pinggiran. Wanita yang akrab disapa Dee ini melihat sendiri orang susah mendapat air bersih  

"Bahkan di daerah saya tinggal, Tangerang Selatan pun sulit air bersih. Saya lihat di daerah bantaran sungai orang-orang masih menadah air dari sungai untuk segala keperluan, dari bersih-bersih sampai MCK," ungkapnya dalam konfrensi pers P&G Berbagi Air Bersih, di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Pengalaman serupa pernah ia alami saat berada di Pulau Dewata di mana warga sekitar sungai buang air besar (BAB) hanya berjarak 10 meter dari warga lain yang mencuci baju di pinggiran sungai yang sama.

Menurut penulis Supernova tersebut, diperlukan kesadaran para warga untuk peduli terhadap perlunya air bersih dalam kehidupan sehari-hari.

"Perlu edukasi bagi masyarakat agar menyadari pentingnya air bersih untuk fondasi utama dalam kehidupan jangka panjang," tandasnya.

Ia menjelaskan, air bersih memberi dampak besar pada kehidupan yang dapat menghindarkan dari berbagai jenis penyakit, terutama diare, yang berhubungan dengan kebersihan air.

Ia menganggap bahwa teknologi yang telah diciptakan unyuk mendukung kebersihan air dalam bentuk apapun tak akan bisa berjalan sesuai yang diinginkan bila masyarakat sendiri belum memiliki kesadaran akan pentingnya air bersih.

 


(ELG)