Hooq Cari Naskah Serial TV Terbaik di Asia Tenggara

Purba Wirastama    •    13 Juni 2017 14:52 WIB
serial televisi
Hooq Cari Naskah Serial TV Terbaik di Asia Tenggara
Hooq Cari Naskah Serial TV Terbaik di Asia Tenggara (Foto: hooq)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hooq, penyedia layanan video on demand (vod) yang berbasis di Asia, sedang mengadakan kompetisi penulisan naskah serial televisi bagi para pembuat dan pelajar film di India dan tujuh negara Asia Tenggara. Lima peserta dengan naskah terpilih akan diberi dana USD 30 ribu atau sekitar Rp 400 juta untuk mewujudkan naskah masing-masing ke dalam satu film contoh (pilot project).

Setelah jadi, kelima film contoh akan diseleksi lagi oleh dewan juri. Pertimbangan utama adalah kreativitas, keaslian, dan relevansi dengan pasar  Satu film terpilih akan ditayangkan di Hooq dan dikembangkan lebih lanjut menjadi serial panjang yang terdiri dari empat hingga 13 episode.

Menurut laman resmi kompetisi di genero.com/hooq, tahap awal seleksi ide cerita telah dibuka sejak 5 Juni dan akan ditutup pada 15 Agustus 2017. Peserta dapat mengirimkan ide cerita dan treatment untuk tayangan berdurasi 20-60 menit.

Setelah itu dewan juri akan menyeleksi selama dua minggu. Setelah ide terpilih diumumkan, peserta diberi waktu produksi selama dua bulan hingga akhir Oktober. Setengah dana produksi diberikan di awal, dan setengah sisanya ketika film contoh sudah jadi. Seleksi berikutnya berlangsung selama satu bulan dan satu proyek terpilih diumumkan pada 15 Desember.

Terkait topik dan genre cerita, Hooq tidak memberi batasan. Namun penekanan utama adalah unsur lokalitas dan kedekatan dengan pasar penonton di Asia Tenggara.

"Serial yang dibuat untuk TV di Asia Tenggara biasanya konservatif. Karena konten Hooq ditayangkan secara digital, kami punya kesempatan untuk menghadirkan konten asli yang lebih edgy dan ekspresif terkait topik dan genre," tulis pihak Hooq dalam pernyataan resmi.

Detail kompetisi dapat disimak lebih lanjut di laman resmi kompetisi Hooq Filmmakers Guild di genero.com/hooq. Tidak semua orang bisa ikut. Calon peserta harus mempunyai karya film sebelumnya dengan menunjukkan bukti riwayat karya.



 


(ELG)