Soleh Solihun Setuju Debat Capres-Cawapres Pakai Kisi-kisi

Purba Wirastama    •    09 Januari 2019 08:00 WIB
soleh solihunSeleb Bicara Pilpres 2019
Soleh Solihun Setuju Debat Capres-Cawapres Pakai Kisi-kisi
Soleh Solihun 2 (Medcom.id-Edgar Nurhakim)

Jakarta: Komedian dan aktor Soleh Solihun setuju program debat antar pasangan Capres dan Cawapres memakai kisi-kisi atau referensi topik yang diungkap ke setiap kubu. Menurut Soleh, penyediaan kisi-kisi bisa ikut menguji setiap kandidat, apakah mereka benar-benar memahami materi debat.

Pendapat ini diungkap Soleh di sela kunjungan ke redaksi Medcom.id dalam rangka promosi film drama komedi terbarunya, Lagi-Lagi Ateng. Baginya, kisi-kisi bisa menguji kepintaran kandidat Presiden dan Wakil Presiden.

"Setuju (pemberian kisi-kisi) karena mengurus negara itu susah," kata Soleh.  "Kami mau UMPTN (seleksi perguruan tinggi) atau EBTANAS (ujian kelulusan sekolah) saja dikasih kisi-kisi, (apalagi) ini kan mau mengurus negara"

"Saya yakin kalau semua capres ditanya tanpa kisi-kisi, enggak akan ada yang bisa jawab. Jadi kita bisa menilai, ini dikasih kisi-kisi saja jawabnya masih ngaco, berarti kurang pintar," imbuhnya.

Keputusan KPU untuk memberikan kisi-kisi atau referensi topik kepada kedua pasangan kandidat sebelum Debat Pilpres 2019 menuai polemik. Langkah ini tergolong baru dalam debat calon Presiden di Indonesia.

KPU berharap dengan adanya kisi-kisi, para kandidat bisa menyiapkan jawaban terbaik dan menyampaikan gagasan lebih jelas.


 


(ELG)