'Keajaiban' Reza Artamevia yang Terancam Tenggelam Bersama Gatot Brajamusti

Elang Riki Yanuar    •    30 Agustus 2016 15:03 WIB
parfi
'Keajaiban' Reza Artamevia yang Terancam Tenggelam Bersama Gatot Brajamusti
Reza Artamevia (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Reza Artamevia kembali mencuat di pemberitaan nasional. Sayangnya, bukan karena kiprahnya di dunia bernyanyi. Reza terseret kasus narkoba yang melibatkan Gatot Brajamusti.

Reza menjadi salah satu orang yang ditangkap bersama Gatot Brajamusti di sebuah hotel di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 28 Agustus 2016. Polisi memastikan urine Reza positif mengandung narkoba.

Peristiwa ini bisa dibilang mencoreng nama besar Reza di dunia tarik suara. Padahal, Reza selama ini dikenal sebagai salah satu penyanyi wanita yang cukup mencuat di negeri ini.  

Karier Reza di dunia musik ketika menjadi penyanyi latar Dewa 19. Suaranya yang khas membuat Ahmad Dhani kala itu tertarik untuk mengorbitkannya. Album pertama Reza yang berjudul Keajaiban dirilis pada 1997.

Tangan dingin Dhani memang berbuah manis bagi Reza. Lagu-lagu yang diciptakan Dhani untuk Reza seperti Pertama dan Satu Yang Tak Bisa Lepas begitu populer di zamannya. Lewat album ini pula Reza meraih berbagai penghargaan di bidang musik.

Tercatat, dia meraih penghargaan di kategori penyanyi R&B solo terbaik, lagu terbaik dan pendatang baru terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia pada 1998. Nama Reza pun mulai diperhitungkan di blantika musik Tanah Air.

Karier Reza semakin melambung ketika merilis album Keabadian pada tahun 2000. Di album ini, Reza berkolaborasi dengan penyanyi asal Jepang, Masaki Ueda di lagu Biarlah Menjadi Kenangan. Hampir semua lagu di album Keabadian menjadi hit terkenal kala ini. Album ini semakin memantapkan kiprah Reza sebagai penyanyi papan atas Indonesia.

Pada tahun 2002, Reza merilis album ketiganya yang berjudul Keyakinan. Di album yang melahirkan singel seperti Putus, Berharap Tak Berpisah ini, Reza tak lagi menggandeng Ahmad Dhani sebagai produser.

Popularitas yang menjulang membuat kehidupan pribadi Reza ikut diusik. Kisruh rumah tangga Reza dengan Adjie Massaid menjadi sasaran empuk media hiburan Tanah Air. Pasangan yang menikah pada 1999 itu akhirnya bercerai pada 2005 dengan menghasilkan dua orang anak.

Di tengah konflik rumah tangganya itulah muncul nama Gatot Brajamusti. Reza yang sempat dikabarkan menghilang ternyata ditemukan di Padepokan Brajamusti di kawasan Sukabumi pada 2004.

Nama Gatot ikut mencuat karena dia disebut sebagai guru spiritual Reza. Penampilan Gatot yang selalu mengenakan sorban membuat citranya sebagai pria religius begitu melekat.

Setelah bercerai, karier Reza perlahan mulai menghilang. Namanya lebih sering menghiasi media gosip seputar status hubungannya dengan Gatot Brajamusti. Popularitas yang dia bangun mulai meredup seiring tak lagi menelurkan karya.

Reza memang sempat merilis album The Voicer pada 2009 setelah tujuh tahun minim merilis album. Tapi, hanya ada dua lagu baru, sedangkan sisanya berisi lagu-lagu terbaik yang ada di album sebelumnya. Selepas itu, hampir tidak ada karya baru dari Reza.

Sementara itu, kedekatannya dengan Reza sepertinya berdampak bagus pada kehidupan Gatot. Selain mulai dikenal di kalangan artis, Gatot juga merambah dunia hiburan seperti di dunia menyanyi dan akting.

Bahkan, Gatot berhasil terpilih menjadi ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) meski tidak memiliki pengalaman panjang di dunia perfilman. Gatot memang pernah menjadi bintang utama, tapi itu di film yang dia produksi sendiri.

Kini, kegemilangan Reza di dunia tarik suara terancam semakin tenggelam karena kasus hukum yang menyeret namanya. Polisi masih terus mendalami kasus narkoba yang melibatkan 'guru spiritual' dan muridnya itu.


(ELG)