Anne Hathaway Promosikan Pemberdayaan Perempuan

Indriyani Astuti    •    12 Maret 2017 18:36 WIB
anne hathaway
Anne Hathaway Promosikan Pemberdayaan Perempuan
(Foto: Hollywood Reporter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktris asal Amerika Serikat Anne Hathaway menjadi duta PBB untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Sebelumnya, PBB juga menunjuk aktris Emma Watson dan Nicole Kidman menjadi duta untuk menyuarakan hak-hak perempuan.

Perempuan yang pernah dianugerahi Academy Awards untuk perannya dalam film Les Miserables itu, dalam pidato Peringatan Hari Perempuan Sedunia, menyatakan kebebasan bagi perempuan harus diberikan.

Selain itu, pikiran para pria perlu dibebaskan dari asumsi dan pandangan bahwa tugas perempuan hanya di rumah dan mengurus keluarga.

"Pandangan itu tidak hanya diskriminatif bagi perempuan, tapi juga membatasi peran pria bagi keluarga dan lingkungannya," tegas bintang Oceans's 8 itu.

Dalam kesempatan itu, Hathaway juga menyampaikan penghargaannya kepada pembuat kebijakan yang selama ini telah mengubah pandangan itu serta memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berbuat lebih.

"Hari ini, pada peringatan Hari Perempuan Sedunia, saya ingin berterima kasih kepada semua yang telah membuat kebijakan saat ini. Mari kita hormati mereka dengan melanjutkan apa yang mereka mulai," ujar Hathaway di Markas PBB di New York, AS.

Sejak didapuk sebagai duta pada Juni 2016, Hathaway ingin isu cuti orangtua untuk merawat keluarga, stereotip gender, dan soal servis pengasuhan anak diperhatikan.

Aktris berusia 34 tahun itu juga pernah menjadi duta untuk Nike Foundation.

Ibu satu anak itu bepergian ke Kenya dan Ethiopia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pernikahan anak.

'Anak perempuan yang mendapat kekerasan seksual takut menceritakannya karena malu. Mereka merasa bersalah dan justru mendapatkan stigma dari keluarga dan lingkungannya', tulis Hathaway dalam sebuah kolom yang diterbitkan The Daily Beast, seperti dikutip dari The Guardian.

Hathaway juga memberikan pernyataan dalam dokumentasi yang dilakukan CNN pada 2013 tentang pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Ketidakadilan

Dikutip dari The Guardian, Direktur Wanita PBB Phumzile Mlambo-Ngcuka mengatakan Hathaway ditunjuk untuk mengangkat beban yang tidak seimbang yang harus dipikul perempuan ketika bekerja.

"Ketika mereka menjadi ibu, gaji dan kesempatan para wanita di tempat kerja berkurang. Ini menunjukkan ketidaksetaraan gender di tempat kerja," kata dia.

"Ada banyak unjuk rasa mengenai ketidakadilan gender di tempat kerja. Penunjukan Hathaway sebagai duta diharapkan dapat memberikan pola pikir yang positif dan membangun kesetaraan gender di tempat kerja," imbuh Phumzile, Rabu (8/3).

Hathaway juga diminta membantu mempromosikan cuti orangtua baik bagi laki-laki maupun perempuan serta mengembangkan layanan perawatan anak di 193 negara anggota PBB.

"Untuk meningkatkan kesempatan bagi kaum perempuan, kami membutuhkan seorang duta yang memiliki kecerdasan dan semangat untuk mengatasi masalah kompleks ini," ungkap Mlambo-Ngcuka.

"Sesaat ketika saya bertemu Anne, saya menyadari bahwa kami telah menemukan wanita yang kami maksud. Kami merasa terhormat bisa bekerja sama dengan dia," tutur dia.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

6 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA