Pesan Pharrell Williams Soal Isu Diskriminasi

Agustinus Shindu Alpito    •    20 September 2017 11:43 WIB
pharrell wiliams
Pesan Pharrell Williams Soal Isu Diskriminasi
(Foto: Billboard)

Metrotvnews.com, Los Angeles:  Musisi hip-hop Pharrell Williams menyampaikan pesan penting perihal isu diskriminasi. Hal itu diungkapkan oleh Pharrell dalam ajang VH’1 Hip Hop Honors, pada Senin (18/9/2017).

“Jangan berpikir karena mereka (kaum kulit putih yang bertindak diskriminatif kepada) Afrika-Amerika, Yahudi dan Hispanik maka itu tidak terjadi pada kalian karena kalian terlihat seperti mereka (kulit putih).”

“Anda harus pahami bahwa ‘mereka’ (nasionalis kulit putih) dapat mengubah cara berpikir mereka bukan lagi soal hitam, putih, besar, kurus atau kecil. Bisa saja (menjadi diskriminatif) soal karakter wajah, atau warna rambut. Jangan bertingkah seolah-olah mereka tidak pernah melakukannya,” tegas Pharrell.

Dalam kesempatan yang sama, musisi 44 tahun itu juga menegaskan sosok dirinya dan sikapnya terhadap perbedaan.

“Saya Afrika-Amerika. Afrika adalah apa yang ada dalam diri saya, Amerika adalah tempat di mana saya berada saat ini. Jadi, inilah saya dan inilah Amerika, ini untuk kebebasan dan keadilan bagi semua.”

Persoalan diskriminasi bukan saja jadi alat politik di Indonesia, di Amerika Serikat, tempat Pharrell tinggal hal serupa pun terjadi. Diskriminasi terhadap ras menjadi sarana bagi politikus dan kaum mayoritas untuk menekan kaum minoritas.


(DEV)