Wakil Indonesia Kenakan Busana Daur Ulang di Miss Earth International 2017

Patricia Vicka    •    12 September 2017 19:54 WIB
miss earth international
Wakil Indonesia Kenakan Busana Daur Ulang di Miss Earth International 2017
Michelle Victoria Alriani (Foto: metrotvnews/patricia vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Miss Earth Indonesia 2017, Michelle Victoria Alriani tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan Miss Earth International di Filipina. Untuk mempromosikan isu lingkungan, wanita yang merupakan perwakilan dari Daerah Istimewa Indonesia ini akan mengenakan baju yang terbuat dari bahan-bahan sampah yang sudah didaur ulang.

Tim desainer gaun Miss Earth Indonesia 2017 Idha Jacinta menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tiga buah kostum yang terbuat dari bahan daur ulang untuk menambah kecantikan Michelle. Kostum pertama adalah gaun malam batik. Kostum kedua adalah gaun yang di dalamnya ada tambahan bungkus permen yang didaur ulang dan sudah dimodifikasi.  Gaun ketiga adalah gaun pahlawan wanita ala modern.

"Gaun batik itu kami buat dari kain-kain batik bekas yang kami satukan. Motifnya sekar jagat. Gaun kedua terbuat dari kain biasa. Lalu ada hiasan pembungkus permen hexox yang kami sulap menjadi bentuk bunga. Kalau gaun pahlawan wanita akan pakai mahkota dari tembaga bekas generator yang dililit-lilit ," tutur Idha dalam jumpa pers bersama Miss Earth Indonesia 2017.

Gaun batik akan dipakai sebagai gaun malam dalam kontes Evening Glown. Sementara gaun dari bungkus permen akan dipakai untuk sesi foto resmi para kontestan. Gaun tokoh pahlawan akan dipakai saat malam final. Keseluruhan gaun tersebut akan dilombakan.

Ketiga gaun tersebut dibuat oleh tim sekitar dua bulan. Selain itu tim busana Michelle turut menyiapkan puluhan pakaian untuk dikenakan Michele selama mengikuti karantina. Selain itu tim desiner turut menyiapkan gaun putih yang memiliki filosofi mendalam.

Miss Earth Indonesia 2017, Michelle mengatakan, pemilihan gaun daur ulang dilakukan untuk mendukung dirinya sebagai duta lingkungan hidup. Pasalnya jika berhasil meraih title Miss Earth 2017, dirinya otomatis menjadi duta lingkungan hidup yang akan berusaha untuk mengurangi permasalahan lingkungan hidup.

"Saya rasa tindakan lima R yakni rething, reuse, reduce , recycle dan respect penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memeprindah dunia," jelas Michelle yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum UGM.


Jumpa pers bersama Miss Earth Indonesia 2017 (Foto: metrotvnews/patricia)

Dalam kompetisi yang berlangsung pada November 2017 ini, Michele turut akan memperkenalkan filosofi luhur budaya Jawa untuk menjaga lingkungan yakni "Hamemayu Hayuning Bawana".

Ketua Yogyakarta Seni Nusantara (YSN) KPH Wironegoro menjelaskan, Filosofi ini bermakna mengajak manusia untuk memperindah manusia, negara, dan dunia dengan dimensi budaya dan spiritual.

"Di filosofi Jawa, dunia bersifat kompleks karena mencakup dimensi budaya dan spiritual. Dengan memasukkan unsur Budaya, diharapkan insan-insan yang berperasaan halus dan berjiwa luhur bisa mempercantik dunia," pungkas menantu pertama Sri Sultan Hamengku Buwono X ini.
(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

21 hours Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA