Tersinggung dengan Foto Rasis, The Weeknd Putuskan Kontrak Kerja dengan H&M

Cecylia Rura    •    09 Januari 2018 09:53 WIB
Tersinggung dengan Foto Rasis, The Weeknd Putuskan Kontrak Kerja dengan H&M
The Weeknd (Foto: Billboard.com)

Jakarta: Penyanyi The Weeknd memutus kontrak kerja dengan perusahaan fashion besar H&M. Keputusan ini diambilnya setelah situs H&M merilis sebuah foto yang menampakkan seorang anak kecil berkulit hitam didapuk sebagai model untuk produk jaket hoodie yang bertuliskan, "Coolest Monkey in the Jungle," yang secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi "monyet paling keren di hutan."

Penyanyi bernama asli Abel Tesyafe itu kemudian mengeluarkan sebuah cuitan beserta foto terkait melalui akun Twitter pribadinya. "Pagi ini bangun, kaget dan merasa malu dengan foto ini. Aku sangat tersinggung dan tidak akan bekerja sama lagi dengan H&M," tulis The Weeknd dalam cuitannya.

The Weeknd memulai debut kolaborasi bersama H&M tahun 2017. Ia didapuk sebagai model untuk kampanye dan mengembangkan beberapa koleksi dengan perusahaan asal Swedia tersebut di bawah label XO.

Sementara itu, musikus sekaligus jurnalis musik Questlove mengunggah foto produk yang mendapuk anak kecil berkulit hitam tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Dalam kolom caption, Questlove menulis dengan mereka-reka yang akan terjadi selanjutnya. Akan ada permintaan maaf dari pihak H&M, kemudian iklan ditarik dari peredaran. Selanjutnya, ada media sebagai jalur tengah disusul tindakan lain seperti gerakan pengumpulan sumbangan untuk amal.

Menanggapi kasus tersebut, pihak H&M kemudian membuat pernyataan maaf atas kelalaian mereka.

"Kami dengan tulus meminta maaf karena telah membuat banyak orang tersinggung lewat citra tulisan pada hoodie tersebut… Kami percaya akan keragaman dan inklusi di setiap apa yang kami lakukan. Kami akan melakukan peninjauan terhadap semua kebijakan internal sesuai untuk menghindari masalah ke depan."

Lewat keterangan tertulis, H&M akan menarik hoodie itu dan melakukan investigasi internal terkait mengapa hal sensitif seperti itu dapat beredar.


 


(ASA)