Film Iqro Gabungkan Isu Anak, Sains dan Religi

Anindya Legia Putri    •    25 Januari 2017 17:35 WIB
film indonesia
Film Iqro Gabungkan Isu Anak, Sains dan Religi
Adegan film Iqro (Foto: dok. Salman Film Academy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masjid Salman ITB bersama dengan Salman Film Academy dan Chanex Ridhall Pictures segera merilis film bertajuk Iqro: Petualangan Meraih Bintang, pada 26 Januari 2017.

CEO Chanex Ridhall Pictures sekaligus Produser Eksekutif Film Iqro, Rosa Rai Djalal, mengatakan bahwa film ini adalah upaya untuk membuat sebuah konten yang menggabungkan isu anak, sains dan religi sekaligus.

"Saat ini kita tahu bahwa tiap anak perlu dibekali sains dan agama secara seimbang. Oleh karena itu, kami menciptakan sebuah karya yang menggabungkan aspek pengetahuan alam, dunia anak, dan religi secara universal. Saya ingin membuat materi yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita bersama tetapi yang terpenting, kami tidak menggurui," ujar Rosa, melalui rilis resmi yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (25/1/2017).

Film ini diperankan oleh artis cilik pendatang baru Aisha Nurra Datau dan seorang aktor anak Raihan Khan. Serta sederetan pemain berpengalaman yang mampu memberi sentuhan berkelas yang mampu membuat emosi penonton tersentuh sejak awal hingga akhir film, seperti Cok Simbara, Meriam Bellina, Neno Warisman, Adhitya Putri, dan Mike Lucock.

Film Iqro bercerita tentang Aqila, bocah berusia 9 tahun yang sangat menyukai sains. Saat liburan sekolah, Aqila mendapat tugas sekolah yang berhubungan dengan Astronomi. Kebetulan kakeknya adalah seorang astronom yang tinggal dekat pusat peneropongan bintang Boscha. Kakeknya pun memberi izin pada Aqila untuk menggunakan teropong bintang di Boscha guna menyelesaikan tugasnya, namun dengan satu syarat; Aqila harus bisa membaca Alquran.

Film berdurasi 97 menit ini merupakan film pertama yang diproduksi sebuah Masjid di Indonesia, sekaligus menandai debut Iqbal Alfajri sebagai sutradara film. Film ini juga melibatkan Budiyati Abiyoga sebagai prouder dan Aisyah Amirah Nasution sebagai penulis skenario.

Mengangkat tema anak, religi dan ilmu pengetahuan, film Iqro: Petualangan Meraih Bintang diharap menjadi film alternatif bagi penonton indonesia khususnya anak-anak dan keluarga.

 


(ELG)