5 Album Paling Berkesan dalam Karier Stephan Santoso

Agustinus Shindu Alpito    •    09 November 2015 17:52 WIB
musikimia
5 Album Paling Berkesan dalam Karier Stephan Santoso
Stephan Santoso (Foto:Metrotvnews.com/Agustinus Shindu A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Stephan Santoso tidak bisa dipisahkan dari kelahiran album-album terbaik di negeri ini. Stephan dipercaya menjadi penata dan peramu rekaman hingga lagu siap diedarkan dan didengar secara umum.

Mulai dari band Gigi, Sheila On 7, Padi, The Changcuters, Kerispatih, pernah menggunakan jasa Stephan.

Stephan sempat mengenyam pendidikan bidang rekaman di Full Sail,  Amerika Serikat.  Kepiawaiannya dalam meramu rekaman membuat dirinya mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia kategori Peramu Rekam Terbaik sebanyak delapan kali.

Kepada Metrotvnews.com, Stephan membeberkan lima album paling mengesankan yang pernah digarapnya.

1. Sheila On 7 - Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000)

"Album kedua Sheila On 7, itu awal saya dapat teknologi untuk mixing, memadukan software digital dengan analog. Menghasilkan karya bareng Sheila On 7 waktu itu kita dapat banget mood-nya dan materinya juga bagus. Rasanya dapat, secara teknologi juga dapat," ujar Stephan.

2. Padi - Sesuatu yang Tertunda (2001)

"Sama juga dengan sheila, karena album ini dibuat pada waktu yang bersamaan (dengan album Kisah Klasik untuk Masa Depan), dua album itu tersukses juga secara penjualan yang pernah saya kerjakan," kata Stephan.

3. Edane - Edan (2010)

"Dari segi sound, untuk genre rock itu kayaknya salah satu yang saya rasa terbaik," puji Stephan.

4. Audi - 18 (2001)

"Ini pertama kali saya kerja selain mixing dan menjadi produser. Selain mengerjakan audionya, mengerjakan musiknya di beberapa lagu, saya bikin musik untuk singel pertama Bila Saja, dan ada tiga lagu yang saya buat di situ," jelas Stephan.

5. Musikimia - Intersisi (2015)

"Banyak juga hal baru yang saya coba. Sepanjang karier dapat ilmu baru dan eksperimen baru kita berkembang sebagai musisi dan mixing engineer. Saya rasa sangat puas dengan sound di album itu," kata Stephan.


(ROS)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA