Gitaris Band Metal, Ucok Tampubolon Meninggal Dunia

Anindya Legia Putri    •    07 Agustus 2015 10:39 WIB
musik indonesia
Gitaris Band Metal, Ucok Tampubolon Meninggal Dunia
Grup band metal Divine. (Foto:berisiknews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabar duka datang dari panggung metal Indonesia. Salah satu punggawanya, Ucok Tampubolon, meninggal dunia pada hari ini, Jumat (7/8/2015), karena kanker otak, penyakit yang ia idap sejak 2011 lalu.

Berdasarkan informasi yang didapatkan oleh Metrotvnews.com, Ucok Tampubolon menutup usia pada pukul 01.32 WIB, di Rumah Sakit Cikini, Jakarta Pusat.

"Kabar duka cita. Telah meninggal dunia yang kami kasihi/suami/saudara Maruli Tampubolon/Ucok Tampubolon hari Jumat tgl 7 Agustus 2015 jam 01.32 disemayamkan di rumah duka RS Cikini Jln Raden Saleh, Jakarta Pusat (Bintang Mangunsong)," tulis pesan singkat yang beredar, Jumat (7/8/2015).

Di media sosial, berbagai ucapan bela sungkawa pun datang untuk Ucok. Termasuk ucapan duka cita dari band yang digawanginya, Divine.

"@chefharyo: #rip Maruli Tampubolon a.k.a Ucok Ngantuk  hari jumat tgl 7 agustus 2015 jam 1.32
di rumah duka Rs.Cikini. http://t.co/mccebjCO6u," tulis Chef Haryo di akun Twitter-nya.

"@DIVINE_thrashTelah meninggal dunia, gitaris, founder Divine, Maruli 'Ucokk' Tampubolon di RS Siloam Semanggi pukul 1:30 lalu."


Ucok sendiri mengawali karir bermusiknya sebagai gitaris sejak tahun 1984. Sekitar tahun 90-an, Ucok sempat bergabung dalam beberapa grup metal seperti SHID, NO-BRA, TRAZOM, Infliction, dan Sarkastik.

Memasuki tahun 1996, Ucok bersama almarhum Robin Hutagaol membuat project Industrial Metal, dengan nama band Brain The Machine. Brain The Machine merupakan band metal lawas Indonesia, yang dulu namanya sempat kencang terdengar pada pertengahan tahun 1990-an. 

Sempat vakum karena kematian salah satu personelnya, Robin Hutagaol (drum), Brain The Machine kembali dengan album remaster  (comeback box set). Sebelum akhirnya merilis sebuah comeback box set, Brain The Machine sempat vakum lama, terhitung sejak band kehilangan Robin pada 2009, yang kemudian disusul oleh hengkangnya Ucok Tampubolon.

Dan di awal tahun 2001 inilah cikal bakal terbentuknya grup band metal bernama Divine. Divine merupakan grup Thrash Metal asal Jakarta dimana Ucok merupakan gitaris sekaligus pendiri band cadas tersebut. 

Divine pada awalnya mengambil genre musik groove metal dan pernah terlibat di beberapa kompilasi underground seperti “Strip Hitam” [2004] album kompilasi yang di buat dengan tujuan untuk perjuangan HAM Indonesia prakarsa para mahasiswa-mahasiswi Trisakti, Jakarta. 

Di tahun 2007 Divine merubah total konsep musiknya dari groove metal menjadi trash metal, dan dilanjutkan dengan dirilisnya debut album Divine yang bertitel “Anger Thy Giveth” pada tahun 2008.

Hingga akhirnya, Divine harus vakum total karena Ucok Tampubolon mengidap penyakit (suspect) Tumor Otak sejak tahun 2011. Dan kini panggung metal Indonesia berduka atas kepergiannya untuk selamanya.


(LOV)