Mengenal Lebih Dekat Tarian Indonesia

Dimas Prasetyaning    •    14 Januari 2015 15:12 WIB
galeriindonesiakaya
Mengenal Lebih Dekat Tarian Indonesia
dok. IDEnesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia adalah negeri yang kaya dengan segala macam budaya. Tak perlu heran, karena kita memiliki banyak pulau, suku, bahasa, agama, dan juga tradisi.

Salah satunya yang menarik adalah tarian daerah. Mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki gaya, gerakan, serta variasi tari daerah yang khas dan tidak dipunyai negara manapun.

Sebuah tempat untuk mempelajari tarian daerah Indonesia adalah Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau yang berada di Kota Padangpanjang, Sumatra Barat. Di bangunan khas Minangkabau yang disebut Rumah Gadang Koto Piliang ini, terdapat seorang koreografer kenamaan bernama Susasrita Loravianti.

Dosen Institut Seni Indonesia Padangpanjang tersebut menjelaskan, bahwa di Padangpanjang terdapat kesenian tradisional bernama Randai. Sebuah permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara bergantian.

Randai merupakan kesenian yang bermula dari pencak silat. Di dalamnya terdapat sastra, musik, tari, dan drama.

"Randai ini berangkat dari silat, yang di dalamnya terdapat sastra, musik, tari, serta drama. Apalagi tokoh sastra di Minangkabau sangat terkenal," terang Susasrita.

Sementara di Batu Nona, Minahasa Utara, memiliki tarian daerah yang biasa digunakan sebagai penyambutan bernama Tari Kabasaran. Awalnya, tarian ini merupakan tarian keprajuritan tradisional Minahasa yang diangkat dari kata Wasal, yaitu ayam jantan yang dipotong jenggernya agar menjadi lebih garang dalam bertarung.

Namun, anggota Dewan Kesenian Minahasa Utara Jane Walandow menjelaskan, Tari Kabasaran kini telah berubah fungsi menjadi kesenian tradisional yang dijadikan tarian penyambut.

Selain Tari Kabasaran, di Minahasa Utara juga ada tari pergaulan bernama Tari Lenso. Tarian asal Portugis ini biasa dibawakan oleh muda-mudi secara ramai-ramai bila ada pesta.

Satu lagi tarian daerah yang terkenal di Minahasa Utara adalah Tari Tumatenden. Tarian ini diangkat dari cerita rakyat yang berhubungan dengan sejarah Airmadidi di Minahasa Utara, dimana berdiam orang pertama yang bermukim ditempat itu.

Menurut fungsinya, Tari Tumatenden termasuk seni tari pertunjukan. Biasa juga dibawakan saat upacara perkawinan. Tari Tumatenden terdiri dari sembilan putri dan satu putra, hambpir sama seperti kisah Jaka Tarub di Jawa.

"Masyarakat Minahasa Utara memang dekat dengan tari dan musik. Maka, tidak afdol jika datang ke sini tapi belum menari. Jadi, kalau mau pulang dari sini harus bisa menari dulu," tutur Jane.

Penasaran dnegan kergaman tari Indonesia lainnya? Simak perjalanan Yovie Widianto dalam IDEnesia di Metro TV, pada Kamis (15/1/2015) pukul 22.30 WIB. Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya. Ada bingkisan menarik bagi pemenangnya. (adv)


(NIN)