"Cahaya dari Timur: Beta Maluku" Sabet Piala FFI 2014

Triyanisya    •    06 Desember 2014 22:44 WIB
ffi (festival film indonesia)
Angga Dwi Sasongko. Foto: Triyanisya

Metrotvnews.com, Palembang: Festival Film Indonesia 2014 (FFI) mengumumkan film Indonesia terbaik sepanjang tahun 2014. Siapa yang mengira, peraih Piala Citra Kategori Film Terbaik pilihan para juri FFI 2014 adalah film "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko.

Film "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" berhasil mengalahkan empat film pesaingnya yang juga tak kalah keren, yaitu "3 Nafas Likas", "Sebelum Pagi Terulang Kembali", "Soekarno: Indonesia Merdeka", dan "Sokola Rimba".

Semula, film "Soekarno" digadang-gadang akan menjadi film terbaik FFI 2014. Pasalnya, "Soekarno" masuk dalam 13 kategori, sedangkan "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" masuk dalam 8 kategori nominasi.

Dari 8 kategori, "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" pun memenangkan dua piala Citra yakni nominasi pemeran utama pria terbaik dan film bioskop terbaik.

"Ini bukan cuma kerja 1 atau dua orang. Hebatnya kru mengorbankan seluruh keluarga dan penghasilan. Kemudian kami mendapat (piala) Citra itu anugerah. Apa yang kami kerjakan mendapat apresiasi luar biasa," ucap Angga Dwimas Sasongko, sutradara "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" setelah mendapat piala citra di malam puncak FFI 2014 di Palembang Sports and Convention Center di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu malam (6/12/2014).

Bahkan karena memenangkan piala Citra sebagai film terbaik, Angga mendapat kesempatan untuk bersalaman langsung dengan Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam perhelatan bergengsi bagi insan perfilman tanah air itu.

"Senang Pak Jokowi ada di sini. Bukan minta-minta cuma kaya transfer energi. Sudah saatnya pemerintah lihat, film Indonesia jadi sesuatu yang mainstream, sesuatu yang bisa bikin masyarakatnya punya kebanggaan, bukan hanya membuat bangga komunitas tertentu," tutup Angga.


(FIT)