Ary Sutedja Dentingkan Piano Bung Karno di Konsernya

Eka Hari Wibawa    •    04 November 2014 19:23 WIB
Ary Sutedja Dentingkan Piano Bung Karno di Konsernya
Ary Sutedja mendentingkan piano koleksi Presiden pertama RI, Soekarno, di konser mininya di Solo, Metrotv/ Eka Hari Wibawa

Metrotvnews.com, Solo: Museum Radya Pustaka di Solo, Jawa Tengah, menampilkan konser mini pianis kawakan Ary Sutedja. Dalam salah satu aksinya, Ary menggunakan piano koleksi peninggalan Presiden pertama RI Soekarno.

Lokasi konser tampak berbeda dari biasanya. Konser mini Ary berlangsung di teras museum, Senin (3/11/2014). Meski demikian, suasana apik tercipta seiring dengan komposisi musik klasik yang memanjakan telinga para penonton.

Selama dua jam, Ary memainkan karya-karya komponis besar, mulai dari abad 17 hingga yang lahir di abad 21. Satu di antaranya komposisi pentatonis berjudul Epitaph Satu karya Jaya Suprana. Dengan mendentingkan piano peninggalan Sang Proklamator, Epitaph Satu pun mengalun menembus imaji. Terdengar pas dengan karakter piano Merk W Naessen And Co tersebut.

Epitaph Satu merupakan komposisi piano yang menjadi bentuk penghormatan Jaya Suprana pada dalang legendaris, Ki Narto Sabdo.

Selain memainkan Solo Piano, Ary membawakan beberapa komposisi bersama seorang cellis, Asep Hidayat dan dua violist. Mereka membawakan karya-karya Saint Saens, Faure, Rachmaninoff, dan Piazolla.

Satu karya komponis Tanah Air pun menjadi pilihan Ary. Ia mempersembahkan karya Trisutji Kamal khusus bagi warga Solo.
(RRN)