Solena Chaniago, Transgender Asia Pertama yang Tembus Hollywood

Triyanisya    •    08 Oktober 2014 13:21 WIB
solena chaniago
Solena Chaniago, Transgender Asia Pertama yang Tembus Hollywood
Solena Chaniago (Foto:Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Solena Chaniago menjadi perbincangan setelah seorang WNI transgender, Mayang Prasetyo, dimutilasi dan direbus suaminya, Marcus Peter Volke (28), warga negara Australia.

Solena disebut-sebut menjadi transgender Asia pertama yang berhasil menembus film Hollywood.

Sama halnya dengan Mayang, Solena memilih tinggal di luar negeri, yaitu New York. Solena pernah bermain film dokumenter dan beberapa film pendek di Jerman dan Spanyol.

Merasa tidak puas, Solena lantas mengikuti audisi pemain film di New York. Tak disangka, ia dipilih stradara Antoine Fuqua untuk berakting di film "The Brooklyn Finest" yang dibintangi Richard Gere. Film yang rilis pada 5 Maret 2010, itu pun menjadi film layar lebar pertama Solena.



Setelah penampilan perdananya di film "The Brooklyn Finest," Solena juga pernah berakting di film komedi "The Extra Man" pada 2010 bersama Katie Holmes.

Meski hanya mendapat peran kecil, Solena tetap bangga. Dia un sengaja memakai nama "Chaniago" agar orang bertanya-tanya dari mana asalnya. Dan, dengan bangga ia akan menjawab bahwa dirinya berasal dari Indonesia.
 


Tak puas berkarier di dunia akting, ia melebarkan sayap menjadi penata rambut khusus pria di sebuah salon dan spa, Paul Labrecque, New York.

Dari pekerjaan tersebut, Solena pernah menangani rambut selebritas serta tokoh ternama dunia. Rambut Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton hingga manajer Justin Bieber, Scooter Braun, pernah disentuhnya.

Solena lahir di Padang, Sumatera Barat, dengan jenis kelamin laki-laki. Dia bahkan pernah menjadi finalis Uda Sumatera Barat pada 1994.


Tahun 2005, Selena pindah ke New York dan mulai berkeinginan menjadi perempuan. Pada 2010, barulah ia memutuskan menjalani operasi ganti kelamin yang ditangani salah satu dokter terbaik dunia di Thailand.



Ia disebut-sebut menghabiskan dana Rp1 miliar demi operasi payudara, bentuk badan, dan kelamin.

Kini, Solena yang memiliki pacar berkewarganegaraan Jerman itu kembali ke Indonesia untuk mencoba peruntungan di dunia hiburan Tanah Air.
(ROS)