Tips Mudah dan Aman Memesan Kamar Hotel Murah Secara Online

Kesturi Haryunani    •    25 September 2014 14:46 WIB
hotel
Tips Mudah dan Aman Memesan Kamar Hotel Murah Secara Online
Panorama menjelang matahari terbit di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat -- ANT/Paramayuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemesanan kamar hotel bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu datang langsung ke hotel yang dituju atau melalui sistem online. Jika Anda berwisata ke Bogor dan berkesempatan bisa datang ke hotel sendiri, maka tidak ada salahnya memastikan ketersediaan kamar dan tarif, sekaligus melihat kondisi kamar yang sebenarnya.

Namun, kadang kala kita tidak bisa melakukan pemesanan langsung karena terhalang jarak tempat tinggal dan destinasi wisata yang jauh. Sehingga kita harus mempercayakan pemesanan melalui online. Sistem pemesanan ini lebih praktis, bahkan Anda bisa memesan untuk tanggal liburan yang masih lama.

Sistem online juga terbagi menjadi dua tipe, yaitu melalui website yang dimiliki hotel terkait atau melalui laman website yang menyediakan fasilitas pesan kamar dari hotel yang berbeda-beda. Meskipun pemesanan online sudah semakin umum dilakukan wisatawan, hendaknya Anda tetap memastikan bahwa transaksi yang Anda lakukan aman. Sehingga ketika akan melakukan klaim jika terjadi ketidakcocokan, sangat sulit bahkan Anda akan dikenai pemotongan dari sejumlah uang yang telah ditransfer.

Berikut tips memesan kamar hotel di Bogor yang aman:

1. Tentukan tanggal keberangkatan, lokasi, dan budget
Pilih tanggal keberangkatan yang sesuai dengan jadwal libur atau cuti Anda. Persiapan tanggal jauh-jauh hari akan meminimalisasi kegagalan untuk berangkat. Lokasi hotel juga sebaiknya tidak terlalu jauh dari destinasi wisata favorit Anda, karena kawasan Bogor sangat macet saat musim liburan tiba.

Setelah Anda tahu lokasi yang akan dituju, tetapkan budget sewa kamar yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Selain akomodasi, Anda akan membutuhkan biaya transportasi, tiket masuk tempat wisata, membeli makanan, dan oleh-oleh. Jadi, alokasikan anggaran yang cukup.

2. Cari situs yang terpercaya
Sekaran ini, ada banyak situs pesan kamar hotel yang ada di internet. Untuk menjaga keamanan transaksi, akseslah situs yang terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak orang. Tanyakan rekomendasi situs yang terbaik kepada teman. Telusuri juga kemudahan untuk menyampaikan keluhan.

3. Baca ketentuan yang berlaku
Baca dengan teliti setiap ketentuan yang ada, mulai dari cara memesan, pembayaran, mendapatkan voucher hotel, hingga pengembalian dana jika Anda membatalkan pemesanan.

Beberapa situs menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, sehingga Anda perlu menyiapkannya beserta dengan data-data yang dibutuhkan.

4. Bandingkan
Bandingkan antara fasilitas hotel satu dengan hotel lain. Pilih kamar dengan fasilitas yang Anda butuhkan saja. Beberapa situs menyediakan diskon jika pemesanan dilakukan dalam jangka waktu tertentu sebelum tanggal check in. Jadi rajin-rajinlah mengamati situs pesan kamar hotel sebelum Anda berlibur.

5. Lihat testimonial yang beredar
Pada website tersebut juga disediakan kolom testimonial yang bisa digunakan oleh pelanggan, untuk menyampaikan kepuasan maupun ketidakpuasan. Hindari situs yang dibanjiri dengan keluhan dari pelanggannya.

6. Gunakan akun yang valid
Pemesanan online memerlukan alamat surat elektronik yang jadi sebelum Anda melakukan registrasi. Cek akun email yang akan Anda gunakan, apakah masih bisa digunakan atautidak. Voucher menginap akan disampaikan melalui email. Sehingga untuk memastikan voucher itu terkirim dengan sukses, Anda harus memiliki akun yang valid.

Pengisian lembar reservasi juga harus diperhatikan. Terutama saat memasukkan nomor identitas, agar Anda tidak menjumpai masalah saat check in. Terakhir, bayarlah sesuai jumlah yang diminta melalui kartu debit atau kredit.

Tips buat Anda yang suka traveling dan ingin mencoba beberapa tempat rekreasi menarik di Indonesia:
Jakarta dan Bandung adalah dua kota yang wajib untuk dikunjungi. Jakarta selain memiliki Ancol, Dufan, TMII, juga banyak terdapat Mall dan tempat belanja harga grosir, seperti di Tanah Abang, Thamrin City, Mall Taman Anggrek, dan lainnya.

Untuk tempat menginap, hotel murah di Jakarta sekarang semakin banyak. Jika tahun lalu harga hotel melambung tinggi di atas Rp500 ribu per malam, sekarang ini banyak hotel yang mengadakan promo. Sehingga Anda akan mendapatkan harga diskon.

Begitu juga di Bandung, Jawa Barat. Kota yang terkenal dengan wisata kulinernya ini banyak menyajikan wisata alamnya yang menawan dan indah, disertai puluhan aneka macam makanan yang menggugah selera makan Anda. (adv)


(NIN)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA