Porsche Macan Resmi Diluncurkan di Indonesia

   •    05 Juni 2014 23:23 WIB
peluncuran mobil baru
Porsche Macan Resmi Diluncurkan di Indonesia
MTVN/Chadie

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah lama dinanti-nanti oleh para penggemar otomotif di Indonesia, akhirnya PT Eurokars Artha Utama meluncurkan SUV kompak New Porsche Macan di Jakarta, Kamis (5/6).

Mobil yang namanya diambil dari hewan buas di Indonesia ini diklaim sebagi mobil sport di segmen SUV compact. Kendaraan ini menawarkan dinamika dan kenikmatan berkendara layaknya sebuah Porsche sejati tetapi juga memiliki kemampuan menjelajah medan off-road.

Untuk pasar Indonesia, Eurokars meluncurkan Macan dalam tiga varian yaitu Porsche Macan, Macan S, dan Macan Turbo.

Porsche Macan

Macan entry level ini dibekali mesin empat silinder segaris berkapasitas 2.0 liter dengan output 233 Hp dan torsi maksimal 350 Nm yang mampu membuatnya berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,9 detik.

Porsche Macan S

Varian Macan S dibekali mesin V6 biturbo 3.0 liter yang mampu menghasilkan output output 340 hp pada 5.500-6.500 rpm dengan torsi maksimal 460 Nm antara 1.450-5.000 rpm.

Alhasil untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya membutuhkan tempo 5,4 detik atau 5,2 detik jika dilengkapi paket opsional Sport Chrono. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 254 km/jam.

Porsche Macan Turbo

Ini adalah varian tertinggi dari model Macan. Keperkasaannya disumbang oleh mesin V6 biturbo 3.6 liter bertenaga 400 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 550 Nm antara 1.350-4.500 rpm.

Kombinasi power dan torsinya membuat Macan Turbo ini mampu berakselerasi layaknya mobil sport sejati di deretan 'di bawah lima detik' dengan catatan waktu 4,8 detik dan 4,6 detik dengan Sport Chrono package untuk meraih 100 km/jam dari kondisi statis. Kecepatan maksimalnya menembus angka 266 km/jam.

Performa Macan tidak terlepas berkat dukungan dari transmisi 7-speed berteknologi Porsche Doppelkupplungsgetriebe (PDK) kopling ganda yang mampu melakukan perpindahan gigi jauh lebih cepat dibandingkan gesitnya seorang pembalap profesional memindahkan tuas transmisi.

Kenyamanan Macan juga didukung oleh suspensi udara yang mengungguli kenyamanan suspensi model pegas konvensional. Suspensi ini juga memungkinkan Macan dapat disetel ketinggiannya baik dengan cara manual maupun secara otomatis sebanyak 50 mm menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) yang diusungnya mendistribusi berbagai level torsi pengemudian pada roda belakang dan bekerja bersama dengan differential lock poros belakang yang dikontrol secara elektrik.

Porsche Traction Management (PTM) memungkinkan keunggulan konsep all-wheel drive dari Porsche 911 Carrera 4 dititiskan pada SUV berjulukan 'Baby Cayenne' ini.

Karakter Macan yang sporty khas Porsche, segera dapat dikenali dari desainnya. Banyak dari detil-detil kendaraan ini mengingatkan kita akan mobil sport 911 yang melegenda dan model 918.

Macan juga dilengkapi lampu utama dengan fitur Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS Plus), yang selalu menyesuaikan tinggi lampu besar dengan kondisi lalu lintas.

Sebenarnya Macan memiliki satu varian bermesin diesel. Macan S Diesel dilengkapi mesin 3.0 liter V6 turbo yang mempu merilis 258 hp pada 4.000-4.250 rpm dengan torsi 580 Nm antara 1.750-2.500 rpm.

Meskipun bermesin diesel, karakter sport-nya masih terasa kental lewat kemampuan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,3 detik dengan kecepatan puncak 230 km/jam yang membuatnya tetap pantas menyandang nama Porsche.

Sayangnya ia tidak bisa dihadirkan karena faktor kualitas bahan bakar di Indonesia yang belum memenuhi standar euro 6 yang menjadi standar 'minuman' mesin diesel Macan S peminum solar itu.


(CDX)